PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS SPARKOL VIDEOSCRIBE PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI SMPN MODEL TERPADU BOJONEGORO

RAHMA, DINA YUNIAR (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS SPARKOL VIDEOSCRIBE PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI SMPN MODEL TERPADU BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (195kB)
[thumbnail of AWALAN.pdf] Text
AWALAN.pdf

Download (969kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (520kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (939kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (631kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (601kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (413kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini didasarkan oleh kemajuan teknologi pada dunia pendidikan yang belum dimanfaatkan secara maksimal. Rendahnya ketertarikan peserta didik dalam membaca buku pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti berupa buku paket dan LKS membuat peserta didik malas untuk mempelajari pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan media pembelajaran berbasis sparkol videoscribe pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti, (2) mengetahui kelayakan media pembelajaran berbasis sparkol videoscribe pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Penelitian ini menggunakan metode R&D (Research and Development), dengan merancang pengembangan media. pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi uji validitas oleh ahli. Informan penelitian yaitu guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas VIII, dan kepala sekolah SMPN Model Terpadu Bojonegoro. Hasil penelitian dikembangkan dari beberapa tahapan yang mengikuti Borg and Gall antara lain tahap potensi dan masalah, pengumpuln data/ informasi, desain produk, validasi desain, revisi desain,uji coba produk, dan revisi produk akhir. Media pembelajaran Sparkol Videoscribe menggunakan aplikasi seperti sparkol videoscribe dan capcut. Pengembangan media pembelajaran Sparkol Videoscribe berbentuk video. Media yang telah peneliti buat sudah layak digunakan sesuai dengan uji validitas dari ahli media dengan nilai 76%, validasi ahli materi 82%, validasi ahli bahasa 80%, angket siswa terkait media (Sparkol Videoscribe) 94% tentang media tersebut yang mendapat kriteria sangat baik dan hasil pre-test dan post-test terdapat peningkatan 18%.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Sparkol Videoscribe, Pendidikan Agama Islam
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah dan aktivitasnya; pendidikan khusus
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: DINA YUNIAR RAHMA
Date Deposited: 07 Sep 2023 07:15
Last Modified: 07 Sep 2023 07:15
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
MAMLU'AH, AYA
NIDN2126079004
UNSPECIFIED
MUTHI'UDIN, AHMAD
NIDN0701079402
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/2912

Actions (login required)

View Item
View Item