RAHMA, DINA YUNIAR (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS SPARKOL VIDEOSCRIBE PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI SMPN MODEL TERPADU BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.
COVER.pdf
Download (195kB)
AWALAN.pdf
Download (969kB)
BAB I.pdf
Download (520kB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (939kB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (631kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
BAB V.pdf
Download (601kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (413kB)
LAMPIRAN.pdf
Download (4MB)
Abstract
Penelitian ini didasarkan oleh kemajuan teknologi pada dunia pendidikan yang belum dimanfaatkan secara maksimal. Rendahnya ketertarikan peserta didik dalam membaca buku pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti berupa buku paket dan LKS membuat peserta didik malas untuk mempelajari pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan media pembelajaran berbasis sparkol videoscribe pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti, (2) mengetahui kelayakan media pembelajaran berbasis sparkol videoscribe pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Penelitian ini menggunakan metode R&D (Research and Development), dengan merancang pengembangan media. pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi uji validitas oleh ahli. Informan penelitian yaitu guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas VIII, dan kepala sekolah SMPN Model Terpadu Bojonegoro. Hasil penelitian dikembangkan dari beberapa tahapan yang mengikuti Borg and Gall antara lain tahap potensi dan masalah, pengumpuln data/ informasi, desain produk, validasi desain, revisi desain,uji coba produk, dan revisi produk akhir. Media pembelajaran Sparkol Videoscribe menggunakan aplikasi seperti sparkol videoscribe dan capcut. Pengembangan media pembelajaran Sparkol Videoscribe berbentuk video. Media yang telah peneliti buat sudah layak digunakan sesuai dengan uji validitas dari ahli media dengan nilai 76%, validasi ahli materi 82%, validasi ahli bahasa 80%, angket siswa terkait media (Sparkol Videoscribe) 94% tentang media tersebut yang mendapat kriteria sangat baik dan hasil pre-test dan post-test terdapat peningkatan 18%.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran, Sparkol Videoscribe, Pendidikan Agama Islam |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah dan aktivitasnya; pendidikan khusus |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | DINA YUNIAR RAHMA |
Date Deposited: | 07 Sep 2023 07:15 |
Last Modified: | 07 Sep 2023 07:15 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor MAMLU'AH, AYA NIDN2126079004 UNSPECIFIED MUTHI'UDIN, AHMAD NIDN0701079402 |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/2912 |