RAMADHAN, MOCHAMMAD SYAHRUL (2022) KEEFEKTIFAN PANDUAN PELATIHAN TEKNIK ROLE PLAYING DENGAN BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA SMK NEGERI 4 BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.
COVER-1.pdf
Download (531kB)
AWALAN (1).pdf
Download (1MB)
BAB I-1.pdf
Download (472kB)
BAB II-1.pdf
Download (523kB)
BAB III-1.pdf
Download (426kB)
BAB IV-1.pdf
Download (735kB)
BAB V-1.pdf
Download (391kB)
DAFTAR PUSTAKA-1.pdf
Download (397kB)
LAMPIRAN-2.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh sebuah fenomena bahwa pada zaman sekarang pendidikan peserta didik kurang aktif dalam kegiatan pembelajaran, peserta didik kadang berbicara dengan temannya ketika dijelaskan oleh guru. Adanya kecerdasan emosional memberikan sedikit gambaran mengenai kecerdasan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan panduan teknik role playing untuk meningkatkan kecerdasan emosional pada siswa SMA/SMK khususnya di SMK Negeri 4 Bojonegoro. Metode penelitian dan pengembangan dalam penelitian ini menggunakan metode Borg and Gall dengan sepuluh langkah penelitian. Kesepuluh langkah tersebut dimodifikasi sesuai kebutuhan yang ada menjadi: (1) penelitian awal, (2) perencanaan (3) pengembangan produk awal (4) uji ahli, (5) revisi produk. Teknik analisis data uji ahli dan pengujian calon pengguna produk menggunakan kesepakatan antar penilai yang digunakan dalam penelitian ini berupa data kuantitatif dan kualitatif. Berdasarkan hasil Hasilnya penelitiannya adalah Ada pengaruh metode Role Playing terhadap kecerdasan emosional siswa Kelas XI Teknik Pengelasan SMK Negeri 4 Bojonegoro. Hal tersebut dapat dilihat pada nilai thitung (2,241) > ttabel (2,048) dan pada nilai signifikansi 0,029 < 0,05, yang berarti bahwa ada pengaruh metode metode pembelajaran Role Playing terhadap kecerdasan emosional peserta didik. Hal tersebut dapat dilihat adanya pengaruh yang signifikansi antara thitung dan tabel, yang diperoleh dari perhitungan yaitu thitung = 2,241 untuk kecerdasan emosional dan thitung = 3,074. Hal ini menunjukkan bahwa kecerdasan emosional dan hasil belajar peserta didik yang menggunakan metode Role Playing meningkat dan mempunyai pengaruh cukup besar.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Teknik role playing, kecerdasan emosional |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah dan aktivitasnya; pendidikan khusus > 371.26 Examinations and Tests/Ujian Akademik, Tes Akademik |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan Konseling |
Depositing User: | MOCHAMMAD SYAHRUL RAMADHAN |
Date Deposited: | 04 Nov 2022 06:15 |
Last Modified: | 04 Nov 2022 06:15 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor Cahyaningrum, Vesti Dwi UNSPECIFIED Thesis advisor Afriliyanto, Agus UNSPECIFIED |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/2130 |