EFEKTIVITAS KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK COGNITIVE RESTRUCTURING UNTUK MENINGKATKAN SELF EFFICACY SISWA DI SMA PLUS AL - AMANAH SUMBER TLASEH BOJONEGORO

HIDAYAH, NURUL (2022) EFEKTIVITAS KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK COGNITIVE RESTRUCTURING UNTUK MENINGKATKAN SELF EFFICACY SISWA DI SMA PLUS AL - AMANAH SUMBER TLASEH BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (470kB)
[thumbnail of AWALAN .pdf] Text
AWALAN .pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (638kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (728kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (881kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (693kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (411kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (618kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Self efficacy rendah merupakan suatu keadaan siswa memiliki keyakinan yang kurang terhadap kemampuan dalam melakukan berbagai hal, utamanya kegiatan belajar disekolah, sehingga akan menghambat pencapaian belajar yang baik akademik maupun non akademik. Diperlukan tingkat self efficacy yang tinggi untuk mengoptimalkan pencapaian belajar. Model konseling kelompok teknik cognitive restructuring dapat efektif meningkatkan self efficacy. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keyakinan siswa dengan berupa konseling kelompok teknik cognitive restructuring untuk meningkatkan self efficacy siswa. Penelitian ini mengunakan metode Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan rancangan pre – experimen, desain penelitian one group pretest postest design dengan melibatkan penelitian ini berjumlah 8 siswa yang memiliki self efficacy rendah di kelas X SMA Plus Al – Amanah Tlaseh Bojonegoro selama 6 pertemuan dengan menggunakan 65 sampel siswa. Pengumpulan data menggunakan instrumen self efficacy, teknik purposif sampling untuk memilih sampel data dari 190 siswa. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji normalitas dan uji paered sampel t test. Hasil dari hasil post - test 32 siswa terdapat perbedaan yang signifikan antara 2 kelompok, dengan rata – rata kelompok eksperimen 47% dan rata – rata kelompok kontrol 84 % dari hasil post - test dapat ditarik kesimpulan bahwa keefektivan konseling kelompok dengan teknik cognitive tructuring efektif untuk meningkatkan self efficacy siswa di SMA Plus Al – Amanah Sumber Tlaseh Bojonegoro.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: konseling kelompok , cognitive restruturing, self efficacy
Subjects: 100 - Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi (ilmu jiwa) > 155 Psikologi diferensial dan psikologi perkembangan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan Konseling
Depositing User: NURUL HIDAYAH
Date Deposited: 24 Oct 2022 08:04
Last Modified: 24 Oct 2022 08:04
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
Distira, Riski Putra Ayu
UNSPECIFIED
Thesis advisor
Rachmawati, Ulvina
Ulviar@unugiri.ac.id
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/1801

Actions (login required)

View Item
View Item