Maulidiyah, Lailatul (2022) KEEFEKTIFAN TEKNIK DIALOG SOCRATES DENGAN BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN SELF REGULATED MOTIVATION PADA SISWA KELAS VIII MTS TANWIRIYAH BAURENO. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.
Cover.pdf
Download (455kB)
Awalan.pdf
Download (1MB)
Bab 1.pdf
Download (549kB)
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only
Download (721kB) | Request a copy
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only
Download (848kB) | Request a copy
Bab 5.pdf
Download (514kB)
Dapus.pdf
Download (630kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB) | Request a copy
Abstract
Skripsi ini mengangkat judul tentang Keefektifan Teknik Dialog Socrates dalam Bimbingan Kelompok untuk Meningkatkan Self Regulated Motivation Siswa Kelas VIII MTs Tanwiriyah Baureno. Self regulated motivation merupakan seluruh pemikiran, tindakan dan juga perilaku siswa agar berusaha mempengaruhi pilihan, usaha dan ketekunan tugas akademis siswa. Self regulated motivation meliputi tujuh aspek, yaitu : 1) Mastery self-talk 2) Extrinsic self-talk 3) Relative ability self-talk 4) Relevance enhacement 5) Situational interest enhacement 6) Self consequating 7) Environment structuring. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab fokus penelitian mengenai Keefektifan Teknik Dialog Socrates dalam Bimbingan Kelompok untuk Meningkatkan Self Regulated Motivation Siswa Kelas VIII MTs Tanwiriyah Baureno. Jenis penelitian ini yaitu deskriptif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Informan dalam penelitian ini adalah wali kelas dan siswa. Objek penelitian ini adalah Keefektifan Teknik Dialog Socrates dalam Bimbingan Kelompok untuk Meningkatkan Self Regulated Motivation Siswa Kelas VIII MTs Tanwiriyah Baureno. Data penelitian diperoleh melalui penyebaran skala self regulated motivation. Jumlah sampel dalam penelitian ini berjumlah 10 responden yang berasal dari kelas VIII MTs. Tanwiriyah Baureno. Penentuan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik probability sampling. Untuk membuktikan dan menganalisis data hasil penelitian. Peneliti melakukan uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas dan uji Wilcoxon. Hasil pengujian menunjukkan normalitas menunjukkan hasil bahwa data yang diperoleh dalam pretest dan post test menunjukkan distribusi data yang tidak normal. Berdasarkan uji Wilcoxon menunjukkan bahwa jika prob > taraf signifikansi yang telah ditetapkan yaitu α = 0,05, maka H0 diterima dan H1 ditolak, jika prob < taraf signifikansi yang telah ditetapkan yaitu α = 0,05, maka H0 ditolak dan H1 diterima. Hasil signifikansi p-value sebesar 0,005 < 0,05 maka H0 ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan pada self regulated motivation pada siswa sebelum dan sesudah pemberian layanan bimbingan kelompok dengan teknik dialog Socrates.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Self Regulated Motivation, Bimbingan Kelompok dan Teknik Dialog Socrates |
Subjects: | 100 - Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi (ilmu jiwa) > 158 Psikologi terapan > 158.3 Counseling/Psikologi Konseling, Penyuluhan, Pemberian Nasihat |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan Konseling |
Depositing User: | Lailatul Maulidiyah |
Date Deposited: | 25 Oct 2022 08:07 |
Last Modified: | 25 Oct 2022 08:07 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor Novitasari, Zeti UNSPECIFIED Thesis advisor Tawakkal, M. Iqbal UNSPECIFIED |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/1738 |