KEEFEKTIFAN TEKNIK DIALOG SOCRATES DENGAN BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN SELF REGULATED MOTIVATION PADA SISWA KELAS VIII MTS TANWIRIYAH BAURENO

Maulidiyah, Lailatul (2022) KEEFEKTIFAN TEKNIK DIALOG SOCRATES DENGAN BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN SELF REGULATED MOTIVATION PADA SISWA KELAS VIII MTS TANWIRIYAH BAURENO. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of Cover.pdf] Text
Cover.pdf

Download (455kB)
[thumbnail of Awalan.pdf] Text
Awalan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Bab 1.pdf] Text
Bab 1.pdf

Download (549kB)
[thumbnail of Bab 2.pdf] Text
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (721kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3.pdf] Text
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4.pdf] Text
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (848kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5.pdf] Text
Bab 5.pdf

Download (514kB)
[thumbnail of Dapus.pdf] Text
Dapus.pdf

Download (630kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Skripsi ini mengangkat judul tentang Keefektifan Teknik Dialog Socrates dalam Bimbingan Kelompok untuk Meningkatkan Self Regulated Motivation Siswa Kelas VIII MTs Tanwiriyah Baureno. Self regulated motivation merupakan seluruh pemikiran, tindakan dan juga perilaku siswa agar berusaha mempengaruhi pilihan, usaha dan ketekunan tugas akademis siswa. Self regulated motivation meliputi tujuh aspek, yaitu : 1) Mastery self-talk 2) Extrinsic self-talk 3) Relative ability self-talk 4) Relevance enhacement 5) Situational interest enhacement 6) Self consequating 7) Environment structuring. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab fokus penelitian mengenai Keefektifan Teknik Dialog Socrates dalam Bimbingan Kelompok untuk Meningkatkan Self Regulated Motivation Siswa Kelas VIII MTs Tanwiriyah Baureno. Jenis penelitian ini yaitu deskriptif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Informan dalam penelitian ini adalah wali kelas dan siswa. Objek penelitian ini adalah Keefektifan Teknik Dialog Socrates dalam Bimbingan Kelompok untuk Meningkatkan Self Regulated Motivation Siswa Kelas VIII MTs Tanwiriyah Baureno. Data penelitian diperoleh melalui penyebaran skala self regulated motivation. Jumlah sampel dalam penelitian ini berjumlah 10 responden yang berasal dari kelas VIII MTs. Tanwiriyah Baureno. Penentuan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik probability sampling. Untuk membuktikan dan menganalisis data hasil penelitian. Peneliti melakukan uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas dan uji Wilcoxon. Hasil pengujian menunjukkan normalitas menunjukkan hasil bahwa data yang diperoleh dalam pretest dan post test menunjukkan distribusi data yang tidak normal. Berdasarkan uji Wilcoxon menunjukkan bahwa jika prob > taraf signifikansi yang telah ditetapkan yaitu α = 0,05, maka H0 diterima dan H1 ditolak, jika prob < taraf signifikansi yang telah ditetapkan yaitu α = 0,05, maka H0 ditolak dan H1 diterima. Hasil signifikansi p-value sebesar 0,005 < 0,05 maka H0 ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan pada self regulated motivation pada siswa sebelum dan sesudah pemberian layanan bimbingan kelompok dengan teknik dialog Socrates.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Self Regulated Motivation, Bimbingan Kelompok dan Teknik Dialog Socrates
Subjects: 100 - Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi (ilmu jiwa) > 158 Psikologi terapan > 158.3 Counseling/Psikologi Konseling, Penyuluhan, Pemberian Nasihat
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan Konseling
Depositing User: Lailatul Maulidiyah
Date Deposited: 25 Oct 2022 08:07
Last Modified: 25 Oct 2022 08:07
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
Novitasari, Zeti
UNSPECIFIED
Thesis advisor
Tawakkal, M. Iqbal
UNSPECIFIED
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/1738

Actions (login required)

View Item
View Item