MUKMINATIN, MUKMINATIN (2022) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) DAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.
COVER.pdf
Download (465kB)
AWALAN.pdf
Download (605kB)
BAB 1.pdf
Download (189kB)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only
Download (397kB) | Request a copy
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only
Download (280kB) | Request a copy
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only
Download (674kB) | Request a copy
BAB 5.pdf
Download (170kB)
DAPUS.pdf
Download (175kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB) | Request a copy
Abstract
Pembelajaran matematika dianggap sebagai mata pelajaran yang sulit difahami karena membahas tentang struktur-struktur yang abstrak, padahal matematika masih menjadi momok didunia pendidikan. Dengan pembelajaran yang masih konvensional akan membuat siswa merasa semakin bosan dan kurang tertarik dengan pembelajaran matematika. Hal ini dapat diatasi dengan menerapkan model pembelajaran yang aktif yang mana siswa yang menjadi pemeran dan guru sebagai pembimbing. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan hasil belajar matematika antara siswa yang pembelajarannya melalui penerapan model kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) dan Tipe Numbered Head Together (NHT) pada kelas VII MTs Plus Sabilunnajah dengan pemilihan kelas VII B sebagai kelas eksperimen 1 dengan jumlah 31 siswadan VII C sebagai kelas eksperimen 2 dengan jumlah 31 peserta didik. Jenis penelitian ini yaitu penelitian eksperimen. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu melalui observasi, dokumentasi dan teknik tes. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dan inferensia yang meliputi uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis ( uji independent sample t-tes) dengan menggunakan program aplikasi statistik SPSS versi 26 dengan taraf signifikan sebesar 5 %. Perhitungan uji independent sample t-tes diperoleh nilai signifikasi (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 dan perhitungan gain score diperoleh nilai sebesar 0,7099. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran Think Pair Share lebih baik dari pada penerapan hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII MTs Plus Sabilunnajah dengan kategori peningkatan”Tinggi”.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Think Pair Share (TPS), Numbered Head Together (NHT), Konvensional |
Subjects: | 500 – Ilmu Pengetahuan > 500 Ilmu pengetahuan > 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | mukminatin mukminatin |
Date Deposited: | 22 Oct 2022 06:56 |
Last Modified: | 22 Oct 2022 06:56 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor FITRI, ANISA UNSPECIFIED Thesis advisor FATHONI, M. IVAN ARIFUL UNSPECIFIED |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/1708 |