EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY (CRH) DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA PADA PELAJARAN FIKIH DI MTs ISLAMIYAH MALO BOJONEGORO

SHOLIHAH, ALYA MAR ATUS (2022) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY (CRH) DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA PADA PELAJARAN FIKIH DI MTs ISLAMIYAH MALO BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf

Download (431kB)
[thumbnail of 2. AWALAN.pdf] Text
2. AWALAN.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf

Download (645kB)
[thumbnail of 4. BAB II.pdf] Text
4. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (659kB) | Request a copy
[thumbnail of 5. BAB III.pdf] Text
5. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (831kB) | Request a copy
[thumbnail of 6. BAB IV.pdf] Text
6. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (890kB) | Request a copy
[thumbnail of 7. BAB V.pdf] Text
7. BAB V.pdf

Download (388kB)
[thumbnail of 8. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (630kB)
[thumbnail of 9. LAMPIRAN.pdf] Text
9. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan model pembelajaran saat ini semakin inovatif dan berkembang, namun ada sebagian guru yang masih belum menggunakan inovasi model pembelajaran yang terbarukan, seperti guru di MTs Islamiyah Malo dalam mengajar mata pelajaran Fikih masih menggunakan metode ceramah yang mengakibatkan siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran, pembelajaran kurang menyenangkan bahkan cenderung membosankan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasi experimental dengan jumlah sampel 96 siswa yaitu kelas VIII-A sebagai kelas eksperimen sebanyak 47 siswa dan kelas VIII-B sebagai kelas kontrol sebanyak 47 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data berupa statistik deskriptif dan statitik inferensial. Statistik deskriptif untuk mengetahui rata-rata (mean), standar deviasi, presentase nilai rata-rata, dan kategorisasi tingkat pemahaman. Sedangkan statistik inferensial untuk menguji hipotesis penelitian dengan menggunakan uji Independent Sampel T-Test. Namun sebelumnya dilakukan terlebih dahulu uji normalitas dan uji homogenitas.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata pemahaman siswa kelas eksperimen pada pretest adalah 53,30 dan nilai rata-rata pemahaman siswa pada posttest adalah 79,79. Rata-rata peningkatan pemahaman siswa sebesar 26,49. Sedangkan nilai rata-rata pemahaman siswa kelas kontrol pada pretest adalah 42,87 dan nilai rata-rata pemahaman siswa pada posttest adalah 62,34. Rata-rata peningkatan pemahaman siswa sebesar 19,47. Nilai sig (2 tailed) sebesar 0,001<0,05 artinya nilai signifikansi lebih kecil dari taraf kesalahan. Selain itu diperoleh nilai R= 0,975 atau nilai R<1, maka secara relative kelas yang diajar dengan model Pembelajaran kooperatif Course Review Horay lebih efisien daripada kelas yang tidak diajar dengan model pembelajaran Course Review Horay

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Course Review Horay (CRH), Pemahaman, Fikih
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah dan aktivitasnya; pendidikan khusus
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Alya Mar Atus Sholihah
Date Deposited: 04 Oct 2022 07:31
Last Modified: 04 Oct 2022 07:31
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
BURHANUDDIN, HAMAM
UNSPECIFIED
Thesis advisor
FAUZIAH, ZUMROTUL
UNSPECIFIED
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/1476

Actions (login required)

View Item
View Item