IMPLEMENTASI MEDIA FLANEL TOYS UNTUK MENINGKATKAN DAYA TARIK MEMBACA PADA SISWA KELAS SATU DI SDN KEBONHARJO II KECAMATAN JATIROGO KABUPATEN TUBAN

SAPUTRI, DIMAS NOVI (2021) IMPLEMENTASI MEDIA FLANEL TOYS UNTUK MENINGKATKAN DAYA TARIK MEMBACA PADA SISWA KELAS SATU DI SDN KEBONHARJO II KECAMATAN JATIROGO KABUPATEN TUBAN. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of 1. Cover.pdf] Text
1. Cover.pdf

Download (77kB)
[thumbnail of 2. Awalan.pdf] Text
2. Awalan.pdf

Download (856kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf

Download (680kB)
[thumbnail of 4. BAB II.pdf] Text
4. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (700kB) | Request a copy
[thumbnail of 5. BAB III.pdf] Text
5. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (408kB) | Request a copy
[thumbnail of 6. BAB IV.pdf] Text
6. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (521kB) | Request a copy
[thumbnail of 7. BAB V.pdf] Text
7. BAB V.pdf

Download (267kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (346kB)

Abstract

Membaca mempunyai peranan penting dalam melahirkan generasi penerus bangsa yang cerdas, kreatif, dan kritis. Pada dasarnya kemampuan dan ketrampilan membaca harus dilatih sejak dini. Kegiatan membaca pada umumnya kurang disukai terutama usia anak Sekolah Dasar. SDN Kebonharjo II termasuk salah satu lembaga yang didalamnya masih terdapat siswa yang belum bisa membaca terutama pada siswa kelas satu. Tujuan penelitian ini adalah mendiskripsikan proses penggunaan media Flanel Toys dan hambatan dalam implementasi media Flanel Toys untuk meningkatkan daya tarik membaca pada siswa kelas I di SDN Kebonharjo II Kecamatan Jatirogo Kabupaten Tuban. Metode penelitian ini adalah metode deskriptif analitis, yaitu interpretasi terhadap isi disusun secara sistematis / menyeluruh dan sistematis. Sebagai sarana untuk meneliti kegiatan membaca siswa dengan media flanel toys. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah penggunaan media flanel toys disesuaikan dengan gambar yang ditempelkan. Kemudian disebelah gambar dipasangkan huruf huruf yang membentuk kata seperti gambar tersebut, dan dalam implementasi ada dua hambatan yang mempengaruhinya. 1) faktor dari dalam siswa (internal) dan 2) faktor dari luar siswa (eksternal). Solusi untuk mengatasi hambatan tersebut adalah kontribusi dari guru serta orang tua dalam meningkatkan motivasi membaca siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Media flanel toys, Membaca
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah dan aktivitasnya; pendidikan khusus
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Perpustakaan Pusat Admin
Date Deposited: 18 May 2022 08:28
Last Modified: 18 May 2022 08:28
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
HABIBULLAH, M. ROMADLON
UNSPECIFIED
Thesis advisor
AMRETA, MIDYA YULI
UNSPECIFIED
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/910

Actions (login required)

View Item
View Item