A’DHOM, MAQOSHIDUL (2021) IMPLEMENTASI METODE TIKRAR UNTUK MENINGKATKAN PENGUATAN HAFALAN AL-QUR’AN SISWA DI MADRASAH ALIYAH (MA) ISLAMIYAH BALEN BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.
1.Cover.pdf
Download (223kB)
2.Awalann.pdf
Download (1MB)
3.BAB I.pdf
Download (474kB)
4.BAB II .pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
5.BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (230kB) | Request a copy
6.BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (435kB) | Request a copy
7.BAB V.pdf
Download (204kB)
8.LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB) | Request a copy
Abstract
Al-Qur’an sebagai sumber, pedoman, kabar gembira dan pemberi peringatan serta memberikan manfaat bagi umat Islam. Selain itu memberikan kebaikan dan kemuliaan bagi yang membacanya. Apabila membacanya dapat meningkatkan keimanan dan ketakwaan umat Islam. Namun jika menghafalkan niat karena Allah Swt maka dapat menjadikan perbuatan yang mulia. Cara yang digunakan dalam menghafal Al-Qur’an harus menyesuaikan kondisi dan perkembangan zaman. Salah satu metode yang tepat yaitu metode tikrar. Metode tikrar berarti mengulang-ulang secara terus menerus dari surat pendek hingga surat panjang. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan implementasi metode tikrar, mengetahui hafalan Al-Qur’an dan mengetahui ifaktor ipendukung idan penghambat dalam implementasi imetode itikrariuntuk imeningkatkan ipenguatan hafalan iAl-Qur’an iSiswa idi iMadrasah iAliyah (MA) iIslamiyah iBalen. Penelitian ini menggunakan jenis kualitatif deskriptif sehingga didapatkan data primer dan sekunder. Data primer melakukan observasi dan wawancara pihak lembaga iMadrasah iAliyah (MA) iIslamiyah iBalen iBojonegoro. Sedangkan data sekunder diperoleh dari studi literature dari buku, dokumen, internet dan lain-lain. Hasil penelitian ini yaitu metode tikrar melibatkan aktivitas ingatan, mengulang-ulang ayat lebih mudah, lancar dan ingatan semakin melekat. Implementasi imetode itikrar idilakukan idengan idua itahap, iyakni itahap persiapan idan itahap ipenerapan tikrar dapat dilakukan menghadap guru maupun sendiri-sendiri. Faktor pendukung menghafal Al-Qur’an yaitu keluarga, memiliki target hafalan, selalu berdoa agar dimudahkan, lembar prestasi. Faktor yang menghambat menghafal Al-Qur’an yaitu kurang niat kesungguhan, malas, lelah, tingkat kecerdasan yang berbeda. Metode tikrar ini bermanfaat untuk memerlancar ingatan, Siswa agar tidak menghambat hafalan Al-Qur’an dengan cara niat karena Allah dan banyak membaca serta mengulang hafalan. Implementasi imetode itikrar idalam imenghafal iAl-Qur’an idi iMadrasah iAliyah iIslamiyah iBalen iBojonegoro masuk kategori baik meliputi itahap ipersiapan , mentikrar (mengulang-ulang) dan murajaah.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Al-Qur’an, Metode Tikrar, Siswa |
Subjects: | 200 – Agama > 290 Agama lainnya > 297 Agama Islam, Bab-isme dan keyakinan Bahai |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Perpustakaan Pusat Admin |
Date Deposited: | 18 May 2022 01:53 |
Last Modified: | 18 May 2022 01:53 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor MA'ARIF, M. JAUHARUL UNSPECIFIED Thesis advisor FAHMAN, M. MUNDZAR UNSPECIFIED |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/891 |