Nasichah, Masfi’atun (2021) EFEKTIVITAS PROGRAM INTENSIF BACA QUR’AN (BCA) TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN SISWA DALAM PEMBELAJARAN QUR’AN HADIS di MTs ULUL ALBAB PLESUNGAN BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.
COVER.pdf
Download (194kB)
AWALAN.pdf
Download (339kB)
BAB I.pdf
Download (351kB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (320kB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (208kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (372kB) | Request a copy
BAB V.pdf
Download (213kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (249kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (680kB) | Request a copy
Abstract
Pembelajaran Al-Qur’an sangat penting di era sekarang, pentingnya belajar mengaji ini adalah menyiapkan peserta didik agar menjadi generasi muslim yang Qur’ani yaitu generasi yang mencintai Al-Qur’an. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan program intensif baca Qur’an terhadap kemampuan membaca Al Qur’an siswa dalam pembelajaran Qur’an Hadis di MTs Ulul Albab Plesungan Bojonegoro, mendiskripsikan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa dalam pembelajaran Qur’an Hadis di MTs Ulul Albab Plesungan Bojonegoro, mendeskripiskan bagaimana efektivitas program intensif baca Qur’an terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an siswa dalam pembelajaran Qur’an Hadis di MTs Ulul Albab Plesungan Bojonegoro, Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Penelitian dilakukan dengan mengambil 4 guru dan 6 siswa sebagai responden. Hasil dari penelitian ini Pertama program intensif baca Qur’an terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an siswa dalam pembelajaran Qur’an Hadis di MTs Ulul Albab Plesungan Bojonegoro adalah program bimbingan membaca Al-Qur’an yang wajib diikuti oleh seluruh siswa siswi MTs Ulul Albab Plesungan Bojonegoro, dasar terbentuknya suatu program intensif Baca Qur’an adalah masih banyak yang belum mampu mengatasi masalah meningkatnya jumlah generasi muda yang tidak bisa membaca Al-Qur’an, dalam pelaksanaanya MTs Ulul Albab Plesungan Bojonegoro menggunakan menggunakan metode iqra’. Kedua kemampuan membaca al-qur’an siswa dalam pembelajaran Qur’an Hadis di MTs Ulul Albab Plesungan Bojonegoro adalah di mulai dengan kelas jilid 1 pada kelas tersebut adalah kelas awal untuk membenarkan dan memperjelas mahraj huruf, latar belakang lulusan Madrasah Ibtidaiyah dan Sekolah Dasar juga menjadi salah satu kendala dalam kemampuan membaca Al-Qur’an, faktor pendukung kemampuan membaca Qur’an antara lain: lingkungan keluarga, kemampuan siswa, bakat dan minat serta tersedianya sarana prasarana, sedangkan faktor penghambatnya antara lain: kurangnya kesadaran siswa dan keadaan lingkungan keluarga. Ketiga efektivitas program intensif baca Qur’an terhadap kemampuan membaca Al-Qur’an siswa dalam pembelajran Qur’an Hadis di MTs Ulul Albab Plesungan Bojonegoro adalah pengukuran keefektivitasan progam intensif baca Qur’an ini selain dapat diukur dengan menggunakan nilai bisa juga diukur dengan beberapa indikator salah satunya kecapakan guru dalam proses pembelajaran, efisiensi waktu pembelajaran serta keadaan dan rasa puas siswa yang dapat dengan lancar membaca Al-Qur’an dan menerapkanya dalam mata pelajaran Qur’an Hadist.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Intensif Baca Qur’an, Kemampuan Membaca Al-Qur’an |
Subjects: | 200 – Agama > 290 Agama lainnya > 297 Agama Islam, Bab-isme dan keyakinan Bahai |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Perpustakaan Pusat Admin |
Date Deposited: | 12 May 2022 08:13 |
Last Modified: | 12 May 2022 08:13 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor MAMLU’AH, AYA UNSPECIFIED Thesis advisor NIHAYAH, HAMIDATUN UNSPECIFIED |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/856 |