PERAN WALI SANTRI DALAM MEMOTIVASI ANAK UNTUK MENGIKUTI PENDIDIKAN DI MADIN RAUDLATUL ULUM CAMPUREJO BOJONEGORO

FITRIYAH, MASROFATUL (2021) PERAN WALI SANTRI DALAM MEMOTIVASI ANAK UNTUK MENGIKUTI PENDIDIKAN DI MADIN RAUDLATUL ULUM CAMPUREJO BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of AWALAN.pdf] Text
AWALAN.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Peran keluarga merupakan tempat anak memperoleh pendidikan yang pertama dan utama yaitu pendidikan dari orang tua. Pendidikan agama sendiri merupakan sesuatu yang sangat penting apalagi di era digital seperti ini. Pendidikan agama adalah sebagai pedoman dan bekal agar tidak salah dalam menggunakan fasilitas yang ada. Peran orang tua sangat diperlukan dalam mengarahkan mendidik dan mengawasi aktivitas anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan bahwa peran orang tua dalam memotivasi anak mendapatkan pendidikan khususnya di pendidikan agama, Madrasah Diniyah. Dengan pendekatan kualitatif, pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data meluputi penyajian data, penarikan kesimpulan, pengecekan keabsahan data, teknik triangulasi dengan menggunakan berbagai sumber, teori, dan metode. Data penelitian yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Narasumber penelitian yaitu kepala madrasah, pendidik, wali santri dan santri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : Peran orang tua sangat berpengaruh terhadap kemauan anak untuk memperoleh pembelajarann di madrasah diniyah Raudhlatul Ulum, namun ada beberapa orang tua yang masih kurang benar dalam mengambil tindakan. Pendidik menggunakan beberapa metode dalam pengajaran agar santri-santri mudah memahami materi serta semangat. Sistem pembelajaran yang diterapkan oleh pendidik menggunakan sistem klasikal dimana santri-santri dibagi menjadi 2 kelas. Adapun motivasi wali santri Desa Campurejo lebih memilih mengenyam pendidikan agama Islam di Madrasah Diniyah Raudhlotul Ulum yaitu karena pembelajarannya sudah tertata, latar belakang pendidikan dari pendidik yang kompeten dalam ilmu agama islam, serta Kepala Madrasah Diniyahnya adalah lulusan dari Pondok Pesantren, letaknya pun sangat strategis sehingga mudah dijangkau oleh masyarakat.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Peran Orang Tua, Pendidikan Agama, Madrasah Diniyah Raudlatul Ulum
Subjects: 200 – Agama > 290 Agama lainnya > 297 Agama Islam, Bab-isme dan keyakinan Bahai
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Perpustakaan Pusat Admin
Date Deposited: 12 May 2022 02:25
Last Modified: 12 May 2022 02:25
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
BURHANUDDIN, HAMAM
UNSPECIFIED
Thesis advisor
FAUZIAH, ZUMROTUL
UNSPECIFIED
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/839

Actions (login required)

View Item
View Item