IMPLEMENTASI METODE TILAWATI UNTUK PENDIDIKAN ANAK USIA DINI 3-4 TAHUN PADA KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN DI TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR’AN AL-MUSTHOFA TANJUNGHARJO KAPAS BOJONEGORO

ROFI’AH, 'ALIYATUR (2021) IMPLEMENTASI METODE TILAWATI UNTUK PENDIDIKAN ANAK USIA DINI 3-4 TAHUN PADA KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN DI TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR’AN AL-MUSTHOFA TANJUNGHARJO KAPAS BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of 1. COVER.pdf] Text
1. COVER.pdf

Download (83kB)
[thumbnail of 2. AWALAN.pdf] Text
2. AWALAN.pdf

Download (896kB)
[thumbnail of 3. BAB I.pdf] Text
3. BAB I.pdf

Download (489kB)
[thumbnail of 4. BAB II.pdf] Text
4. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (717kB) | Request a copy
[thumbnail of 5. BAB III.pdf] Text
5. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (491kB) | Request a copy
[thumbnail of 6. BAB IV.pdf] Text
6. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (483kB) | Request a copy
[thumbnail of 7. BAB V.pdf] Text
7. BAB V.pdf

Download (388kB)
[thumbnail of 8. LAMPIRAN.pdf] Text
8. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Metode Tilawati merupakan salah satu inovasi dari metode pembelajaran membaca Al-Qur’an. Dalam memberikan pembelajaran Al-Qur’an kepada anak usia dini yang sesuai dengan tahap perkembangan anak, bisa menggunakan metode ilawati PAUD. Metode tilawati PAUD merupakan metode pembelajaran untuk mengenalkan huruf-huruf hijaiyah bagi anak usia dini dengan menggunakan prinsip pembelajaran yang sesuai dengan tumbuh kembang anak, menggunakan nyanyian dan nada yang khas yaitu lagu rost dan pembiasaan melalui klasikal dan kebenaran membaca melalui individual dengan teknik baca simak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi metode tilawati untuk pendidikan anak usia dini 3-4 tahun pada kemampuan membaca Al-Qur’an di Taman Pendidikan Al Qur’an Al-Musthofa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan subjek penelitian ini adalah dua orang ustadzah serta anak kelas Tilawati PAUD Taman Pendidikan Al-Qur’an Al-Musthofa Tanjungharjo. Alat pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara interaktif dengan tahap reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang dapat disimpulkan yaitu, implementasi metode tilawati untuk pendidikan anak usia dini 3-4 tahun pada kemampuan membaca Al-Qur’an di Taman Pendidikan Al-Qur’an Al-Musthofa . Meliputi materi pembelajaran yaitu, peraga kartu, peraga kalender, buku Tilawati PAUD, dan doa pendek menggunakan hitungan jari tangan menyesuaikan dengung atau panjang bacaan. Adapun hasil mplementasi metode tilawati untuk pendidikan anak usia dini 3-4 tahun pada kemampuan membaca Al-Qur’an di Taman Pendidikan Al-Qur’an Al-Musthofa menunjukan adanya penggabungan pendekatan kalsikal dan pendekatan individual dengan baca simak. Pendekatan klasikal itu sendiri terdiri dari 3 teknik yakni: Pendidik membaca anak mendengarkan, Pendidik membaca anak menirukan dan Pendidik dan anak membaca bersama-sama.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Metode Tilawati, Kemampuan Membaca Al-Qur’an
Subjects: 200 – Agama > 290 Agama lainnya > 297 Agama Islam, Bab-isme dan keyakinan Bahai
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Perpustakaan Pusat Admin
Date Deposited: 09 May 2022 03:21
Last Modified: 09 May 2022 03:21
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
FIKRI, M. TSAQIBUL
UNSPECIFIED
Thesis advisor
NI’MAH, ROUDLOTUN
UNSPECIFIED
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/807

Actions (login required)

View Item
View Item