Bayu, Krisna (2021) PENINGKATAN HASIL BELAJAR GERAK LOKOMOTOR MELALUI METODE BERMAIN BERJALAN DIATAS GARIS PADA SISWA KELAS 2 SDN PUCANGAN I KECAMATAN PALANG. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri Bojonegoro.
COVER.pdf
Download (344kB)
AWALAN.pdf
Download (2MB)
BAB I.pdf
Download (683kB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (725kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
BAB V.pdf
Download (320kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (716kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Pendidikan Jasmani adalah suatu proses pembinaan manusia yang berlangsung seumur hidup. Pembelajaran Penjaskes di sekolah diintegrasikan untuk membuat anak senang bergerak dan bermain. Karena itu proses pembelajaran Penjaskes di sekolah harus menggunakan model-model pembelajaran yang mampu merangsang semangat siswa untuk mengikuti proses pembelajaran dengan baik. Rumusan masalah dalam penelitian ini “apakah ada peningkatan hasil belajar gerak lokomotor melalui metode bermain berjalan diatas garis pada siswa kelas 2 Sekolah Dasar Negeri Pucangan I” dan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar gerak lokomotor melalui metode bermain berjalan diatas garis pada siswa kelas 2 Sekolah Dasar Negeri Pucangan I. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek Penelitian adalah siswa kelas 2 Sekolah Dasar Negeri Pucangan I yang berjumlah 13 siswa yang terdiri dari 9 siswa putra dan 4 siswa putri. Sumber data dalam penelitian ini berasal dari guru dan siswa. Teknik pengumpulan data adalah dengan observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik analisis statistik deskriptif komparatif dan analisis kritis. Prosedur penelitian menggunakan tahapan daur siklus. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan yang signifikan dari kondisi awal, siklus I dan siklus II. Ketuntasan hasil belajar yang diperoleh berdasarkan ranah psikomotor, afektif, dan kognitif terdapat peningkatan yang signifikan dari kondisi awal, siklus I dan siklus II. Hasil belajar gerak lokomotor yang tuntas pada kondisi awal sebanyak 4 siswa atau persentase ketuntasan 33,33%. Siklus I mengalami peningkatan menjadi 8 siswa atau persentase ketuntasan 62,96%. Pada siklus II terjadi peningkatan menjadi 10 siswa atau persentase ketuntasan menjadi 88,89% dari jumlah keseluruhan siswa.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar Gerak Lokomotor, Metode Bermain berjalan di atas Garis |
Subjects: | 700 - Seni dan Rekreasi > 790 Olahraga, permainan dan hiburan > 796 Athletic and Outdoor Sports/Atletik dan Olahraga Luar Ruangan 700 - Seni dan Rekreasi > 790 Olahraga, permainan dan hiburan > 796 Athletic and Outdoor Sports/Atletik dan Olahraga Luar Ruangan |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Perpustakaan Pusat Admin |
Date Deposited: | 09 May 2022 02:51 |
Last Modified: | 09 May 2022 02:51 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor Apriyanto, Rohmad UNSPECIFIED Thesis advisor Da'i, Mohamad UNSPECIFIED |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/804 |