PENGELOLAAN KELAS DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SANTRI DI MADRASAH DINIYAH WUSTHO AL MUSTHOFA NGUMPAKDALEM DANDER BOJONEGORO

MASRU’AN, MOCH (2021) PENGELOLAAN KELAS DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SANTRI DI MADRASAH DINIYAH WUSTHO AL MUSTHOFA NGUMPAKDALEM DANDER BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (341kB)
[thumbnail of AWALAN.pdf] Text
AWALAN.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (366kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (788kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (358kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (520kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (397kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Salah satu kewajiban yang sangat penting dari seorang pendidik adalah menghadirkan lingkungan pembelajaran yang nyaman di ruang kelas sehingga akan tercipta interaksi belajar dan mengajar yang dapat membangkitkan santri belajar dengan dengan baik dan sungguh-sungguh. Oleh karena itu, seorang pendidik harus mempunyai kemampuan berinteraksi dalam kegiatan belajar mengajar dengan baik. Salah satunya adalah kemampuan dalam pengelolaan kelas. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan Pengelolaan Kelas di Madrasah Diniyah Wustho Al Musthofa Dander ditinjau dari segi pengelolaan ruangan dalam meningkatkan motivasi belajar santri. (2) Mendeskripsikan pengelolaan kelas di Madrasah Diniyah Wustho Al Musthofa Dander ditinjau dari segi pengellaan santri dalam meninkatkan motivasi beljar santri. (3) Mendeskripsikan keadaan sarana dan prasarana yang ada di Madrasah Diniyah Wustho Al Musthofa Dander dalam kaitannya dengan pengelolaan kelas. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan metode kualitatif. Data yang dikumpulkan melalui observasi dan wawancara dengan kepala sekolah dan para guru wali kelas di Madrasah diniyah wustho al musthofa ngumpakdalem dander bojonegoro. Hasil penelitian menunjukkan dasar inisiatif guru sendiri untuk menciptakan suatu kondisi menjadi interaksi pendidikan dengan jalan menciptakan kondisi baru yang menguntungkan bagi proses belajar mengajar. ustadz Madrasah Diniyah Wustho Al Musthofa Ngumpakdalem menggunakan berbagai strategi/metode, diantaranya yaitu diskusi kelompok. Sarana dan prasarana yang dimiliki oleh Madrasah Diniyah Wustho Al Musthofa Ngumpakdalem sudah memenuhi aspek kelayakan dalam menciptakan suasana belajar yang nyaman.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan kelas, meningkatkan motivasi belajar santri
Subjects: 200 – Agama > 290 Agama lainnya > 297 Agama Islam, Bab-isme dan keyakinan Bahai
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Perpustakaan Pusat Admin
Date Deposited: 28 Apr 2022 04:29
Last Modified: 28 Apr 2022 04:29
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
NISA’, IDA FAUZIATUN
UNSPECIFIED
Thesis advisor
MAMLU’AH, AYA
UNSPECIFIED
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/795

Actions (login required)

View Item
View Item