MASRU’AN, MOCH (2021) PENGELOLAAN KELAS DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SANTRI DI MADRASAH DINIYAH WUSTHO AL MUSTHOFA NGUMPAKDALEM DANDER BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.
COVER.pdf
Download (341kB)
AWALAN.pdf
Download (1MB)
BAB I.pdf
Download (366kB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (788kB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (358kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (520kB) | Request a copy
BAB V.pdf
Download (397kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (5MB) | Request a copy
Abstract
Salah satu kewajiban yang sangat penting dari seorang pendidik adalah menghadirkan lingkungan pembelajaran yang nyaman di ruang kelas sehingga akan tercipta interaksi belajar dan mengajar yang dapat membangkitkan santri belajar dengan dengan baik dan sungguh-sungguh. Oleh karena itu, seorang pendidik harus mempunyai kemampuan berinteraksi dalam kegiatan belajar mengajar dengan baik. Salah satunya adalah kemampuan dalam pengelolaan kelas. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan Pengelolaan Kelas di Madrasah Diniyah Wustho Al Musthofa Dander ditinjau dari segi pengelolaan ruangan dalam meningkatkan motivasi belajar santri. (2) Mendeskripsikan pengelolaan kelas di Madrasah Diniyah Wustho Al Musthofa Dander ditinjau dari segi pengellaan santri dalam meninkatkan motivasi beljar santri. (3) Mendeskripsikan keadaan sarana dan prasarana yang ada di Madrasah Diniyah Wustho Al Musthofa Dander dalam kaitannya dengan pengelolaan kelas. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan metode kualitatif. Data yang dikumpulkan melalui observasi dan wawancara dengan kepala sekolah dan para guru wali kelas di Madrasah diniyah wustho al musthofa ngumpakdalem dander bojonegoro. Hasil penelitian menunjukkan dasar inisiatif guru sendiri untuk menciptakan suatu kondisi menjadi interaksi pendidikan dengan jalan menciptakan kondisi baru yang menguntungkan bagi proses belajar mengajar. ustadz Madrasah Diniyah Wustho Al Musthofa Ngumpakdalem menggunakan berbagai strategi/metode, diantaranya yaitu diskusi kelompok. Sarana dan prasarana yang dimiliki oleh Madrasah Diniyah Wustho Al Musthofa Ngumpakdalem sudah memenuhi aspek kelayakan dalam menciptakan suasana belajar yang nyaman.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengelolaan kelas, meningkatkan motivasi belajar santri |
Subjects: | 200 – Agama > 290 Agama lainnya > 297 Agama Islam, Bab-isme dan keyakinan Bahai |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Perpustakaan Pusat Admin |
Date Deposited: | 28 Apr 2022 04:29 |
Last Modified: | 28 Apr 2022 04:29 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor NISA’, IDA FAUZIATUN UNSPECIFIED Thesis advisor MAMLU’AH, AYA UNSPECIFIED |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/795 |