KONSEP DIRI SISWA BERKEBUTUHAN KHUSUS DI MA MUHAMMADIYAH 3 KANOR RELEVANSINYA DENGAN URGENSI PENDIDIKAN INKLUSIF

ROHMAH, LULUK NI’MATUL (2021) KONSEP DIRI SISWA BERKEBUTUHAN KHUSUS DI MA MUHAMMADIYAH 3 KANOR RELEVANSINYA DENGAN URGENSI PENDIDIKAN INKLUSIF. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri Bojonegoro.

[thumbnail of 1. cover.pdf] Text
1. cover.pdf

Download (311kB)
[thumbnail of pendahuluan.pdf] Text
pendahuluan.pdf

Download (479kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (614kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (645kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (365kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (624kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (215kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (215kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (850kB) | Request a copy

Abstract

Pendidikan inklusif dapat memberikan gambaran pendidikan yang ramah difabel serta menekankan kepada persamaan hak dan dan akses pendidikan kepada setiap warga Negara. Penerapan sistem pendidikan inklusif juga dapat membantu dan memudahkan siswa berkebutuhan khusus dalam mendapat pengajaran. Sebagaiman kesetaraan hak anak berkebutuhan khusus dengan warga negara lainnya yang telah ditegaskan dalam Undang Undang Dasar 1945 Pasal 31 yang menyatakan bahwa “Tiap-tiap warga negara berhak mendapat pengajaran”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep diri siswa berkebutuhan khusus yang menempuh pendidikannya di sekolah reguler bersama siswa-siswa non berkebutuhan khusus. Dalam hal ini subjek yang dimaksud adalah Hafid Ahmad Arrasyid siswa di MA Muhammadiyah 3 Kanor. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dan pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara mendalam kepada beberapa pihak, observasi, serta dokumentasi. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, pengecekan keabsahan temuan dilakukan dengan cara perpanjangan keikutsertaan peneliti; teknik triangulasi dengan menggunakan berbagai sumber. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan adanya dukungan dan peran orang-orang terdekat mampu membentuk konsep diri pada siswa berkebutuhan khusus sehingga memengaruhi presetasi siswa tersebut. Selain itu, pelaksanakan proses belajar mengajar siswa berkebutuhan khusus bersama siswa-siswa normal lainnya di sekolah reguler (non SLB) menunjukkan sistem pendidikan inklusif sangat penting dan perlu untuk diterapkan.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Konsep Diri, Siswa Berkebutuhan Khusus, Pendidikan Inklusif
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah dan aktivitasnya; pendidikan khusus
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Perpustakaan Pusat Admin
Date Deposited: 27 Apr 2022 03:38
Last Modified: 27 Apr 2022 03:38
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
Aufa, Ari Abi
UNSPECIFIED
Thesis advisor
Sahri, Sahri
UNSPECIFIED
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/787

Actions (login required)

View Item
View Item