ROHMAH, LULUK NI’MATUL (2021) KONSEP DIRI SISWA BERKEBUTUHAN KHUSUS DI MA MUHAMMADIYAH 3 KANOR RELEVANSINYA DENGAN URGENSI PENDIDIKAN INKLUSIF. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri Bojonegoro.
1. cover.pdf
Download (311kB)
pendahuluan.pdf
Download (479kB)
BAB I.pdf
Download (614kB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (645kB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (365kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (624kB) | Request a copy
BAB V.pdf
Download (215kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (215kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (850kB) | Request a copy
Abstract
Pendidikan inklusif dapat memberikan gambaran pendidikan yang ramah difabel serta menekankan kepada persamaan hak dan dan akses pendidikan kepada setiap warga Negara. Penerapan sistem pendidikan inklusif juga dapat membantu dan memudahkan siswa berkebutuhan khusus dalam mendapat pengajaran. Sebagaiman kesetaraan hak anak berkebutuhan khusus dengan warga negara lainnya yang telah ditegaskan dalam Undang Undang Dasar 1945 Pasal 31 yang menyatakan bahwa “Tiap-tiap warga negara berhak mendapat pengajaran”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep diri siswa berkebutuhan khusus yang menempuh pendidikannya di sekolah reguler bersama siswa-siswa non berkebutuhan khusus. Dalam hal ini subjek yang dimaksud adalah Hafid Ahmad Arrasyid siswa di MA Muhammadiyah 3 Kanor. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dan pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara mendalam kepada beberapa pihak, observasi, serta dokumentasi. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, pengecekan keabsahan temuan dilakukan dengan cara perpanjangan keikutsertaan peneliti; teknik triangulasi dengan menggunakan berbagai sumber. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan adanya dukungan dan peran orang-orang terdekat mampu membentuk konsep diri pada siswa berkebutuhan khusus sehingga memengaruhi presetasi siswa tersebut. Selain itu, pelaksanakan proses belajar mengajar siswa berkebutuhan khusus bersama siswa-siswa normal lainnya di sekolah reguler (non SLB) menunjukkan sistem pendidikan inklusif sangat penting dan perlu untuk diterapkan.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Konsep Diri, Siswa Berkebutuhan Khusus, Pendidikan Inklusif |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah dan aktivitasnya; pendidikan khusus |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Perpustakaan Pusat Admin |
Date Deposited: | 27 Apr 2022 03:38 |
Last Modified: | 27 Apr 2022 03:38 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor Aufa, Ari Abi UNSPECIFIED Thesis advisor Sahri, Sahri UNSPECIFIED |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/787 |