STRATEGI GURU UNTUK MEMPERTAHANKAN HASIL BELAJAR AL-QUR'AN HADITS PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI MADRASAH TSANAWIYAH (MTs) ISLAMIYAH BANIN SENORI TUBAN

NAFISAH, LU'UN (2021) STRATEGI GURU UNTUK MEMPERTAHANKAN HASIL BELAJAR AL-QUR'AN HADITS PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI MADRASAH TSANAWIYAH (MTs) ISLAMIYAH BANIN SENORI TUBAN. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri Bojonegoro.

[thumbnail of Cover.pdf] Text
Cover.pdf

Download (476kB)
[thumbnail of Awalan.pdf] Text
Awalan.pdf

Download (896kB)
[thumbnail of BAB 1.pdf] Text
BAB 1.pdf

Download (690kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (863kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (524kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (788kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (427kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (556kB)
[thumbnail of Lampiran-lampiran cd.pdf] Text
Lampiran-lampiran cd.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Sejak awal Maret 2020, setelah pemerintah untuk pertama kalinya mengungumkan dua kasus pasien positif Covid-19 di Indonesia, seluruh aktivitas dianjurkan untuk dikerjakan di rumah, tanpa terkecuali dalam dunia pendidikan. Guru dan siswa dituntut untuk beradaptasi dengan perpindahan sistem pembelajaran, yaitu yang biasanya pembelajaran bisa dilakukan secara tatap muka di ruang-runag kelas kini berpindah menjadi pembelajaran daring (dalam jaringan). Begitu juga dengan MTs. Islamiyah Banin Senori Tuban yang melakukan pembelajaran secara daring. Sebelum adanya pandemi Covid-19, hasil belajar Al-Qur'an Hadits yang diperoleh siswa kelas VIII (delapan) cukup baik. Dalam situasi ini, untuk mempertahankan hasil belajar tersebut tidak menurun dibawah KKM, guru Al-Qur'an Hadist di Madrasah tersebut perlu mengupayakan proses pembelajaran yang baik dan memilki strategi yang dirasa efektif. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui strategi guru untuk mempertahakan hasil belajar Al-Qur'an Hadits pada masa pandemi Covid-19 di MTs. Islamiyah Banin Senori Tuban. (2) Mengetahui hasil belajar Al-Qur'an Hadits pada masa pandemi Covid-19 di MTs. Islamiyah Banin Senori Tuban. Untuk mencapai tujuan tersebut, peneliti menggunakan penelitian Kualitatif dengan jenis penelitian Deskriptif. Data-data dikumpulkan dengan metode observasi, dokumentasi, dan wawancara. Kemudian dianalisis dengan reduksi data, penyajian data, dan terakhir penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Stategi yang dilakukan guru dengan memilih aplikasi WhatsApp untuk pembelajaran daring, mensosialisasikan kepada wali murid serta pengurus pondok terkait pelaksanaan pembelajaran daring, meringkas materi berupa word atau PDF, dan menggunakan strategi pembelajaran inkuiri serta strategi pembelajaran kooperatif. (2) Hasil belajar siswa kelas VIII pada masa pandemi Covid-19 berdasarkan pada Penilaian Tengah Semester (PTS) semester genap tahun ajaran 2020/2021 baik, yaitu diatas KKM dengan nilai tertinggi 89 dan terendah 70.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Strategi, Hasil Belajar, Pandemi Covid-19
Subjects: 200 – Agama > 290 Agama lainnya > 297 Agama Islam, Bab-isme dan keyakinan Bahai
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Perpustakaan Pusat Admin
Date Deposited: 27 Apr 2022 02:47
Last Modified: 27 Apr 2022 02:47
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
Ma'arif, M. Jauharul
UNSPECIFIED
Thesis advisor
Fahman, Mundzar
UNSPECIFIED
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/779

Actions (login required)

View Item
View Item