Rohmawati, Umma (2021) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUIZ TEAM TERHADAP PENINGKATAN KEBERHASILAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI SMP PLUS AL-FATIMAH BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.
Cover.pdf
Download (336kB)
Awalan.pdf
Download (553kB)
BAB I.pdf
Download (558kB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (487kB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (435kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (614kB) | Request a copy
BAB V.pdf
Download (352kB)
Daftar Pustaka.pdf
Download (420kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Guru sebagai sebuah faktor yang mempengaruhi kesuksesan pembelajaran, sudah seharusnya guru menguasai beberapa kompetensi. Salah satunya yaitu penguasaan model pembelajaran sebagai penunjang berjalannya proses pembelajaran. Namun kenyataannya, mayoritas guru masih menerapkan model pembelajaran yang konvensional dan kurang memadai. Di mana dalam proses pembelajarannya, keaktifan dan kreativitas siswanya dalam pembelajaran dibatasi dan prestasi belajar kurang memuaskan. Sehingga perlu adanya sebuah model pembelajaran yang aktif dan bisa meningkatkan keberhasilan pembelajaran siswanya. Diantara model pembelajaran yang bisa melatih kemampuan siswanya ialah model Pertanyaan Kelompok (Quiz Team). Quiz Team ialah tipe model pembelajaran active learning yang fungsinya untuk melatih keaktifan siswa untuk saling bertanya dan menjawab, dengan cara guru dapat menciptakan suasana kelas yang menyenangkan dan tidak menjenuhkan sehingga ketika belajar siswa menjadi aktif di kelasnya. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah menjawab rumusan masalah yang muncul yaitu: 1) Bagaimanakah penerapan model pembelajaran Quiz Team di SMP Plus Al-Fatimah Bojonegoro?. 2) Bagaimanakah peningkatan keberhasilan pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMP Plus Al-Fatimah Bojonegoro?. 3) Adakah pengaruh penerapan model pembelajaran Quiz Team terhadap peningkatan keberhasilan pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMP Plus Al Fatimah Bojonegoro?. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Penelitian ini dilakukan dengan mengambil sampel siswa kelas VIII sebagai responden. Sedangkan metode pengumpulan data di peroleh dari observasi, wawancara, tes, dokumentasi, angket. Berdasarkan data-data yang diperoleh setelah mengadakan penelitian dan menganalisa data setiap data-data yang diperoleh peneliti adalah: bahwa terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran Quiz Team terhadap peningkatan keberhasilan pembelajaran siswa. Hal tersebut dibuktikan dari hasil analisa data melalui tes untuk mengetahui apakah ada pengaruh antara variabel X dan variabel Y dan kemudian data di olah dalam rumus product moment “r”, yang akhirnya diketahui rxy = 0,601.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Quiz Team, Keberhasilan Pembelajaran PAI |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah dan aktivitasnya; pendidikan khusus |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Perpustakaan Pusat Admin |
Date Deposited: | 26 Apr 2022 03:50 |
Last Modified: | 26 Apr 2022 03:50 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor NIHAYAH, HAMIDATUN UNSPECIFIED Thesis advisor FATONI, M. UNSPECIFIED |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/775 |