MUSTOFA, M. EKO BISRI (2021) PENGARUH PEMBELAJARAN DARING TERHADAP KARAKTER SISWA DI SMP ISLAM DARUSSALAM DUNGMAS KEDUNGREJO SUMBERREJO BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.
AWALAN.pdf
Download (482kB)
BAB I.pdf
Download (470kB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (453kB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (386kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (915kB) | Request a copy
BAB V.pdf
Download (222kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (240kB)
Abstract
Kondisi pandemi covid-19 saat ini menjadi tantangan bagi dunia pendidikan, maka dari itu perlu diterapkanya pembelajaran daring (dalam jaringan) Guru harus memastikan kegiatan belajar mengajar tetap berjalan, meskipun siswa berada di rumah. Solusinya, guru dituntun dapat mendesain media pembelajaran, sebagai inovasi dengan memanfaatkan media online, seperti aplikasi WhatsApp dan Google ClassRoom. Yang bepengaruh terhadap karakter siswa seperti sikap disiplin siswa, sikap jujur, dan hubungan interaksi yang baik dengan orang lain dan sebagainya, karena guru tidak bisa mengawasi dan mendidik siswa secara langsung saat pembelajaran berlangsung. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: 1). Bagaimana penerapan pembelajaran daring 2). Adakah pengaruh pembelajaran daring terhadap karakter siswa 3). Seberapa besar pengaruh pembelajaran daring terhadap karakter siswa, khususnya pada mata pelajaran PAI. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan pembelajaran daring di SMP Islam DARUSSALAM Dungmas, untuk menegetahui ada tidaknya pengaruh pembelajaran daring terhadap karakter siswa kelas di SMP Islam DARUSSALAM Dungmas dan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pembelajaran daring terhadap karakter siswa kelas di SMP Islam DARUSSALAM Dungmas Kedungrejo Sumberrejo Bojonegoro. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentas. Dalam hal ini subyek yang diteliti adalah siswa SMP Islam DARUSSALAM Dungmas yang berjumlah 284 siswa, dengan pengambilan sampel menggunakan teknik Cluster Random Sampling yakni mengambil sampel berdasarkan kelompok /area tertentu. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yakni kelas IX yang terdiri dari 1 kelas laki-laki dan 1 kelas perempuan. yang berjumlah 47 atau 15% dari populasi 284 siswa .Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Terdapat pengaruh negatif antara pemebelajaran daring terhadap karakter siswa di SMP Islam DARUSSALAM Dungmas Sumberrejo, dibuktikan dengan berbagai kegiatan respon aktif siswa SMP Islam DARUSSALAM Dungmas dalam pembelajaran daring dengan menggunakan media online seperti WhatsApp, Google ClassRoom. Di ketahui dari N=47 pada taraf 5% ro > rt = 0,670 > 0,288, sedangkan dalam taraf 1% ro > rt = 0,670 > 0,373. Menunjukan pengaruh “Cukup Kuat”
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran, Daring, Karakter Siswa |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah dan aktivitasnya; pendidikan khusus |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Perpustakaan Pusat Admin |
Date Deposited: | 22 Apr 2022 03:30 |
Last Modified: | 22 Apr 2022 03:30 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor AUFA, ARI ABI UNSPECIFIED Thesis advisor SAHRI, SAHRI UNSPECIFIED |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/746 |