PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN PJOK PADA PERMAINAN SEPAK BOLA PADA SISWA KELAS V MI FATIHUL HUDA SAMBONG

ZAKA, MOH. FAHMI (2024) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN PJOK PADA PERMAINAN SEPAK BOLA PADA SISWA KELAS V MI FATIHUL HUDA SAMBONG. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (419kB)
[thumbnail of AWALAN.pdf] Text
AWALAN.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (391kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (845kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Hasil observasi di MI Fatihul Huda Sambong, ditemukan bahwa pendidik PJOK menggunakan bahan ajar yang terbatas, seperti buku cetak LKS PJOK yang disediakan oleh sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK) pada materi permainan sepak bola untuk siswa kelas V MI Fatihul Huda Sambong dengan menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Research and Development) model Borg and Gall. Modul ini dikembangkan sebagai upaya untuk memberikan materi yang lebih terstruktur dan mudah dipahami oleh siswa, serta membantu guru dalam menyampaikan materi sepak bola sesuai dengan kurikulum yang berlaku. Penelitian ini menggunakan sepuluh langkah prosedural dari model Borg and Gall, yang meliputi: (1) penelitian dan pengumpulan informasi, (2) perencanaan, (3) pengembangan draf produk awal, (4) uji coba lapangan awal, (5) revisi hasil uji coba, (6) uji coba lapangan utama, (7) revisi produk hasil uji coba lapangan, (8) uji coba operasional, (9) revisi produk akhir, dan (10) diseminasi dan implementasi. Subjek uji coba terdiri dari 30 siswa kelas V MI Fatihul Huda Sambong, serta melibatkan guru PJOK sebagai evaluator modul. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, angket, dan tes hasil belajar siswa. Hasil uji coba lapangan menunjukkan bahwa modul pembelajaran yang dikembangkan efektif dalam meningkatkan pemahaman dan keterampilan siswa dalam permainan sepak bola. Uji validitas dan reliabilitas modul dilakukan dengan melibatkan ahli materi, ahli media, dan guru PJOK. Setelah beberapa kali revisi berdasarkan hasil uji coba, Hasil uji ahli media mendapatkan skor rata-rata 67,63% sedangkan oleh ahli materi mendapatkan skor rata-rata 59,5% dan pada ahli bahasa mendapatkan skor rata-rata 87,49%. Modul ini dinilai sangat baik dan layak digunakan dalam pembelajaran PJOK. Peningkatan hasil belajar siswa juga terlihat signifikan setelah menggunakan modul yang dikembangkan. Kesimpulannya, pengembangan modul pembelajaran PJOK pada permainan sepak bola berbasis model Borg and Gall ini terbukti efektif dan dapat digunakan sebagai bahan ajar alternatif di MI Fatihul Huda Sambong. Modul ini memberikan kontribusi positif terhadap peningkatan kualitas pembelajaran PJOK, khususnya dalam materi sepak bola.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Modul, PJOK, Sepak Bola, R&D, Borg and Gall.
Subjects: 700 - Seni dan Rekreasi > 790 Olahraga, permainan dan hiburan > 796 Athletic and Outdoor Sports/Atletik dan Olahraga Luar Ruangan
700 - Seni dan Rekreasi > 790 Olahraga, permainan dan hiburan > 796 Athletic and Outdoor Sports/Atletik dan Olahraga Luar Ruangan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: moh fahmi zaka
Date Deposited: 21 Apr 2025 06:35
Last Modified: 21 Apr 2025 06:35
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
SA'DIYAH, ZUMROTUS
NIDN2108089102
Thesis advisor
FITHRIYAH, DEWI NISWATUL
NIDN0721089502
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/7212

Actions (login required)

View Item
View Item