EFEKTIFITAS BIMBINGAN KARIER MENGGUNAKAN METODE PORTOFOLIO KARIER UNTUK MENGEMBANGKAN KEMATANGAN KARIER SISWA KELAS X DI SMKN NGAMBON

NUGROHO, EKO (2025) EFEKTIFITAS BIMBINGAN KARIER MENGGUNAKAN METODE PORTOFOLIO KARIER UNTUK MENGEMBANGKAN KEMATANGAN KARIER SISWA KELAS X DI SMKN NGAMBON. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of Cover.pdf] Text
Cover.pdf

Download (127kB)
[thumbnail of awaalan.pdf] Text
awaalan.pdf

Download (618kB)
[thumbnail of Bab I (4).pdf] Text
Bab I (4).pdf

Download (239kB)
[thumbnail of Bab II.pdf] Text
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (243kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab III.pdf] Text
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (147kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab IV.pdf] Text
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (399kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab V.pdf] Text
Bab V.pdf

Download (88kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka (1).pdf] Text
Daftar Pustaka (1).pdf

Download (152kB)
[thumbnail of Lampiran (1).pdf] Text
Lampiran (1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Kematangan Karier merujuk pada sejauh mana perilaku karier seseorang sesuai dengan harapan yang ada pada berbagai usia sepanjang tahap perkembangan. Kematangan karir menjadi salah satu elemen penting yang diperlukan oleh siswa untuk mendukung karir mereka di masa depan. Riset ini bertujuan untuk mengevaluasi pengaruh bimbingan karier menggunakan metode portofolio karier dalam meningkatkan kematangan karier di SMKN Ngambon. Kematangan Karier, yang mencakup aspek-aspek seperti Perencanaan karier, penjelajahan karier, pengetahuan dalam pembuatan keputusan karier, pemahaman mengenai dunia kerja, pengetahuan terkait pilihan kelompok pekerjaan yang diinginkan, dan penerapan keputusan karier merupakan elemen krusial dalam perkembangan kematangan karier bagi siswa. Metode portofolio karier diambil karena cara ini memberikan kesempatan kepada siswa untuk merenungkan pilihan masa depan mereka setelah menyelesaikan pendidikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa deskripsi mengenai kematangan karier siswa kelas X di SMKN Ngambon mengindikasikan 0% berada pada kategori rendah, 100% pada kategori sedang, dan 0% pada kategori tinggi. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif eksperimen yang menggunakan metode pre-experimental design, dengan desain yang diterapkan adalah one group pre-test post-test design yang diartikan sebagai perbandingan dari keadaan sebelum dan setelah pemberian layanan. Dimana penelitian ini melibatkan 182 responden sebagai sampel. Hasil penelitian ini menunjukkan setelah pemberian pre-test bahwasannya skor perilaku prososial mengalami peningkatan yang awalnya 147,1 (kriteria sedang) setelah diberikan layanan menjadi 177 (dengan kriteria tinggi). Meningkatnya sebesar 29,9. dan dari hasil dari uji t menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara hasil pre-test dan post-test dengan nilai signifikansi (2-tailed) p = 0.000 yang lebih kecil dari 0.05. Ini mengindikasikan bahwa hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Hal ini menunjukkan bahwa telah terjadi perbedaan yang signifikan dalam tingkat kematangan karier siswa sebelum dan setelah mereka mendapatkan treatment bimbingan karier menggunakan metode portofolio karier dapat mengembangkan kematangan karier siswa kelas X di SMKN Ngambon.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Kematangan Karier, Portofolio Karier, Bimbingan Karier.
Subjects: 100 - Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi (ilmu jiwa) > 158 Psikologi terapan > 158.9 Systems and Schools of Applied Psychology/Sistem dan Aliran-aliran Psikologi Terapan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan Konseling
Depositing User: Eko Nugroho
Date Deposited: 19 Apr 2025 06:53
Last Modified: 19 Apr 2025 06:53
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
Srianturi, Yanuari
NIDN0717019401
Thesis advisor
Ayu Distira, Riski Putra
NIDN0702019301
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/7169

Actions (login required)

View Item
View Item