IMPLEMENTASI METODE K-NEAREST NEIGHBOR UNTUK PREDIKSI PENJUALAN PRODUK TERLARIS DI TOKO AL-FALAH

ARIANI, AMALIA (2024) IMPLEMENTASI METODE K-NEAREST NEIGHBOR UNTUK PREDIKSI PENJUALAN PRODUK TERLARIS DI TOKO AL-FALAH. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (156kB)
[thumbnail of AWALAN.pdf] Text
AWALAN.pdf

Download (772kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (257kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (296kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (732kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (972kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (144kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (223kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (895kB) | Request a copy

Abstract

Amalia, Ariani. 2024. Implementasi Metode K-Nearest Neighbor Untuk Memprediksi Penjualan Produk Terlaris Pada Toko Al-Falah. Tesis, Jurusan Teknik Informatika Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri. Pembimbing Utama Guruh Putro Dirgantoro, M.Kom. dan Pembimbing Auliyaur Rokhim, S.Hum., MM. Dalam era digital yang ditandai oleh persaingan bisnis yang ketat, pemanfaatan data dan analisis menjadi kunci dalam pengambilan keputusan yang efektif. Penelitian ini berfokus pada Toko Al-Falah, yang mengalami kesulitan dalam memprediksi penjualan produk terlaris. Dengan menawarkan berbagai produk, penting bagi toko ini untuk memahami pola pembelian pelanggan guna merancang strategi pemasaran yang tepat. Metode K-Nearest Neighbor (KNN) dipilih sebagai alat untuk menganalisis dan memprediksi penjualan, karena kemampuannya dalam klasifikasi dan regresi berdasarkan data historis. Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan KNN dalam memprediksi produk-produk yang akan laris, sehingga mempermudah pengelolaan inventaris dan strategi pemasaran. Hasil penelitian diharapkan dapat memberikan wawasan berharga bagi pengambilan keputusan di Toko Al-Falah, serta membantu meningkatkan kepuasan pelanggan. Dengan demikian, penelitian ini tidak hanya memiliki relevansi akademis, tetapi juga aplikasi praktis dalam dunia ritel. Oleh sebab itu, dibutuhkan sebuah sistem prediksi yang mampu untuk memperhitungkan dengan hasil prediksi melalui dengan uji coba yang dilakukan penguji kepada responden yang menghasilkan 90% presentase keberhasilan, dengan ini menunjukkan bahwa Sistem Prediksi yang telah dibangun serta dapat diimplementasikan dengan baik dan dapat digunakan sebagaimana semestinya.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: K-Nearest Neighboard, Toko sembako, produk Terlaris
Subjects: 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 005 Pemrograman komputer, program dan data
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Informatika
Depositing User: Amalia Ariani
Date Deposited: 17 Apr 2025 06:44
Last Modified: 17 Apr 2025 06:44
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
Dirgantoro, Guruh
NIDN0722049201
Thesis advisor
Rokhim, Auliyaur
NIDN0703078501
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/7167

Actions (login required)

View Item
View Item