PENGEMBANGAN SOAL HOTS BERBASIS KEBUDAYAAN LOKAL MENGGUNAKAN APLIKASI QUIZWHIZZER MATERI KEBERAGAMAN BUDAYA INDONESIAKU FASE C MI BAHRUL ULUM 1 BULU BALEN

WULANDARI, WULANDARI (2024) PENGEMBANGAN SOAL HOTS BERBASIS KEBUDAYAAN LOKAL MENGGUNAKAN APLIKASI QUIZWHIZZER MATERI KEBERAGAMAN BUDAYA INDONESIAKU FASE C MI BAHRUL ULUM 1 BULU BALEN. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (87kB)
[thumbnail of AWALAN.pdf] Text
AWALAN.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (467kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (699kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (577kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (295kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (405kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

High Order Thinking Skills (HOTS) ialah kemampuan atau keterampilan berpikir tingkat tinggi. HOTS telah menjadi agenda utama dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan. Namun pada kenyataan yang terjadi di lapangan, siswa kurang memperhatikan penjelasan dari guru dan kurang diberi kesempatan untuk mengerjakan soal-soal dengan keterampilan tingkat tinggi sepeerti level analisis, mengevaluasi dan mencipta yang dapat melatih kemampuan berfikir kritis pada siswa. Hal yang demikian mengakibatkan kemampuan berpikir kritis siswa masih tergolong rendah. Oleh karena itu dengan menerapkan soal-soal HOTS menggunakan aplikasi Quizwhizzer dapat menarik perhatian siswa dan melatih kemampuan berfikir kritis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk 1. Mendeskripsikan pengembangan Soal-soal Higher Order Thinking Skills (HOTS) berbasis kebudayaan lokal dengan menggunakan aplikasi quizwhizzer pada mata pelajaran pendidikan pancasila materi keragaman budaya Indonesiaku fase C 2. Menganalisis dan mendeskripsikan kelayakan soal-soal Higher Order Thinking Skills HOTS berbasis kebudayaan lokal berbasis aplikasi quizwhizzer pada mata pelajaran pendidikan pancasila materi keragaman budaya indonesiaku fase C. Penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan Research and Development (R&D). Produk ini dikembangkan dengan model 4D terdiri dari 4 tahap yaitu: Define, Design, Develop, dan Disseminate. Instrumen penelitian yang digunakan berupa angket respon siswa, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan sampel penelitian adalah siswa kelas V MI Bahrul Ulum 1 Bulu Balen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk yang telah peneliti buat sudah layak digunakan sesuai dengan uji validitas dan reliabilitas, dari ahli soal HOTS berbasis kebudayaan lokal dan ahli bahasa. Validasi ahli soal HOTS berbasis kebudayaan lokal mendapatkan presentase 84% dengan kriteria sangat layak. Validasi bahasa mendapatkan persentase 81% mendapat kriteria layak. adapun analisis angket respon peserta didik setelah mengerjakan soal menggunakan aplikasi quizwizzer mendapatkan persentase 92% dengan kriteria sangat layak. Sehingga media pengembangan berupa pengembangan soal HOTS berbasis kebudayaan lokal dengan menggunakan aplikasi quizwhizzer layak digunakan.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Aplikasi quizwhizzer, Keberagaman budaya Indonesiaku, Kebudayaan lokal, Soal HOTS.
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan
300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: WULAN DARI
Date Deposited: 17 Apr 2025 06:32
Last Modified: 17 Apr 2025 06:32
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
Rofi'ah, Firda Zakiyatur
NIDN2106089303
Thesis advisor
Fithriyah, Dewi Niswatul
NIDN07210899502
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/7153

Actions (login required)

View Item
View Item