MAULANI, SITI NUR ABRORUL (2021) “PENERAPAN VIRTUAL CLASS DENGAN PARENTAL SUPERVISION TERHADAP PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA 4-5 TAHUN SELAMA LEARNING FROM HOME (LFH) DI RA AL FALAH SIDODADI SUKOSEWU BOJONEGORO”. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri Bojonegoro.
1. COVER-dikonversi (1).pdf
Download (87kB)
2. AWALAN-dikonversi.pdf
Download (776kB)
BAB I-dikonversi.pdf
Download (465kB)
BAB II-dikonversi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (587kB) | Request a copy
BAB III-dikonversi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (463kB) | Request a copy
BAB IV-dikonversi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (595kB) | Request a copy
BAB V-dikonversi.pdf
Download (472kB)
LAMPIRAN - LAMPIRAN-dikonversi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh ketidak efektifan media online dalam penerapan melaksanakan selama LFH yang dalam proses pembelajaran secara online atau dalam jaringan (Daring) dengan memanfaatkan aplikasi whatsapp serta orang tua menganggapnya remeh yang meneyebabkan sebagian peserta didik tidak mengumpulkan tugasnya dan juga belum bisa langsung memahamkan peserta didik, dengan ini, pelaksanaan untuk meningkatkan perkembangan kognitif masih memiliki beberapa kendala. Penelitian ini bertujuan untuk Untuk mengetahui 1) penerapan virtual class dengan parental supervision terhadap kognitif anak usia 4-5 tahun selama learning from home dan untuk mengetahui 2) Hambatan ataupun kendala dari penerapannya. Penelitian ini tergolong ke dalam jenis penelitian kualitatif dengan metodologi penelitian lapangan. Data yang digunakan adalah data primer dan sekunder yang diperoleh melalui proses penggalian data menggunakan metode dokumentasi, observasi dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran selama LFH melalui media online virtual class dengan berbantuan parental supervision ini sudah sangat efektif, terutama dalam meningkatkan kognitif anak usia 4-5 tahun, karena dalam pelaksanaan guru, orang tua maupun peserta didik dapat berinteraksi langsung, dan pendidik maupun orang tua dapat berkerja sama dalam mengawasi dan memantau kegiatan anak Pada saat pelaksanaan Virtual Class. Di dalam peroses pelaksanaan Virtual Class Ini, pendidik memaparkan tema pembelajaran yang terjadwal kepada peserta didiknya, terlihat orang tua membantu mengarahkan ataupun memberi motivasi kepada anaknya apa yang belum dipahami anaknya, serta terlihat orang tua membantu menyiapkan peralatan apa yang dibutuhkan anaknnya. kemudian pendidik menanyakan tugas yang dikerjakan peserta didik dan memeriksanya bersama sama dengan peserta didik terkait tugas yang telah di berikan. Melalui kegiatan tersebut terdapat kebanyakan peserta didik telah mengumpulkan tugasnya. Dengan ini peran Parental supervision dalam penerapan virtual class sangat dibutuhkan, karna dapat membantu mengembangkan perkembangan kognitif anak.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Virtual Class, Parental Supervision, Perkembangan Kognitif, Learning From Home |
Subjects: | 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 610 Ilmu kedokteran, ilmu pengobatan dan ilmu kesehatan > 612 Fisiologi manusia, ilmu faal, anatomi dan fisiologi manusia |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | Perpustakaan Pusat Admin |
Date Deposited: | 20 Apr 2022 03:23 |
Last Modified: | 20 Apr 2022 03:23 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor UTSMAN, AHMAD FARID UNSPECIFIED Thesis advisor KUSNA, SITI LABIBA UNSPECIFIED |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/710 |