“PENERAPAN VIRTUAL CLASS DENGAN PARENTAL SUPERVISION TERHADAP PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA 4-5 TAHUN SELAMA LEARNING FROM HOME (LFH) DI RA AL FALAH SIDODADI SUKOSEWU BOJONEGORO”

MAULANI, SITI NUR ABRORUL (2021) “PENERAPAN VIRTUAL CLASS DENGAN PARENTAL SUPERVISION TERHADAP PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA 4-5 TAHUN SELAMA LEARNING FROM HOME (LFH) DI RA AL FALAH SIDODADI SUKOSEWU BOJONEGORO”. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri Bojonegoro.

[thumbnail of 1. COVER-dikonversi (1).pdf] Text
1. COVER-dikonversi (1).pdf

Download (87kB)
[thumbnail of 2. AWALAN-dikonversi.pdf] Text
2. AWALAN-dikonversi.pdf

Download (776kB)
[thumbnail of BAB I-dikonversi.pdf] Text
BAB I-dikonversi.pdf

Download (465kB)
[thumbnail of BAB II-dikonversi.pdf] Text
BAB II-dikonversi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (587kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III-dikonversi.pdf] Text
BAB III-dikonversi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (463kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV-dikonversi.pdf] Text
BAB IV-dikonversi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (595kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V-dikonversi.pdf] Text
BAB V-dikonversi.pdf

Download (472kB)
[thumbnail of LAMPIRAN - LAMPIRAN-dikonversi.pdf] Text
LAMPIRAN - LAMPIRAN-dikonversi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh ketidak efektifan media online dalam penerapan melaksanakan selama LFH yang dalam proses pembelajaran secara online atau dalam jaringan (Daring) dengan memanfaatkan aplikasi whatsapp serta orang tua menganggapnya remeh yang meneyebabkan sebagian peserta didik tidak mengumpulkan tugasnya dan juga belum bisa langsung memahamkan peserta didik, dengan ini, pelaksanaan untuk meningkatkan perkembangan kognitif masih memiliki beberapa kendala. Penelitian ini bertujuan untuk Untuk mengetahui 1) penerapan virtual class dengan parental supervision terhadap kognitif anak usia 4-5 tahun selama learning from home dan untuk mengetahui 2) Hambatan ataupun kendala dari penerapannya. Penelitian ini tergolong ke dalam jenis penelitian kualitatif dengan metodologi penelitian lapangan. Data yang digunakan adalah data primer dan sekunder yang diperoleh melalui proses penggalian data menggunakan metode dokumentasi, observasi dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran selama LFH melalui media online virtual class dengan berbantuan parental supervision ini sudah sangat efektif, terutama dalam meningkatkan kognitif anak usia 4-5 tahun, karena dalam pelaksanaan guru, orang tua maupun peserta didik dapat berinteraksi langsung, dan pendidik maupun orang tua dapat berkerja sama dalam mengawasi dan memantau kegiatan anak Pada saat pelaksanaan Virtual Class. Di dalam peroses pelaksanaan Virtual Class Ini, pendidik memaparkan tema pembelajaran yang terjadwal kepada peserta didiknya, terlihat orang tua membantu mengarahkan ataupun memberi motivasi kepada anaknya apa yang belum dipahami anaknya, serta terlihat orang tua membantu menyiapkan peralatan apa yang dibutuhkan anaknnya. kemudian pendidik menanyakan tugas yang dikerjakan peserta didik dan memeriksanya bersama sama dengan peserta didik terkait tugas yang telah di berikan. Melalui kegiatan tersebut terdapat kebanyakan peserta didik telah mengumpulkan tugasnya. Dengan ini peran Parental supervision dalam penerapan virtual class sangat dibutuhkan, karna dapat membantu mengembangkan perkembangan kognitif anak.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Virtual Class, Parental Supervision, Perkembangan Kognitif, Learning From Home
Subjects: 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 610 Ilmu kedokteran, ilmu pengobatan dan ilmu kesehatan > 612 Fisiologi manusia, ilmu faal, anatomi dan fisiologi manusia
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Perpustakaan Pusat Admin
Date Deposited: 20 Apr 2022 03:23
Last Modified: 20 Apr 2022 03:23
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
UTSMAN, AHMAD FARID
UNSPECIFIED
Thesis advisor
KUSNA, SITI LABIBA
UNSPECIFIED
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/710

Actions (login required)

View Item
View Item