STUDI EKSPERIMEN PENGARUH VARIASI SUDUT DRIVE PULLEY PADA CONTINUOUSLY VARIABLE TRANSMISSION (CVT) TERHADAP PERUBAHAN DAYA DAN TORSI VARIO 150 CC

NAFI'ANSYAH, SYIHA BUDDIN (2024) STUDI EKSPERIMEN PENGARUH VARIASI SUDUT DRIVE PULLEY PADA CONTINUOUSLY VARIABLE TRANSMISSION (CVT) TERHADAP PERUBAHAN DAYA DAN TORSI VARIO 150 CC. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of COVER SKRIPSI.pdf] Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (395kB)
[thumbnail of AWALAN.pdf] Text
AWALAN.pdf

Download (645kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (386kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (570kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (492kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (382kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (450kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan teknologi yang pesat di dunia otomotif telah mendorong penelitian untuk meningkatkan performa sepeda motor, khususnya pada sistem transmisi otomatis atau CVT (Continuous Variable Transmission). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh variasi sudut kemiringan drive pulley terhadap performa sepeda motor matic Honda Vario 150cc, guna menemukan sudut optimal yang menghasilkan daya dan torsi terbaik. Penelitian dilakukan di CMT Bengkel, Malang, menggunakan dynotest untuk mengukur daya dan torsi pada tiga variasi sudut kemiringan drive pulley: 13,5º, 13,8º, dan 15º.Rumusan masalah dalam penelitian ini meliputi: 1) Bagaimana pengaruh variasi sudut kemiringan drive pulley terhadap daya pada sepeda motor Honda Vario 150cc? 2) Bagaimana pengaruh variasi sudut kemiringan drive pulley terhadap torsi pada sepeda motor Honda Vario 150cc? Hasil pengujian menunjukkan bahwa setiap variasi sudut kemiringan drive pulley mempengaruhi performa mesin secara signifikan. Pada sudut kemiringan 13,5º, daya maksimum dicapai pada 6750 RPM dengan nilai 10,0 HP dan torsi maksimum pada 3250 RPM sebesar 20,26 Nm. Pada sudut kemiringan 13,8º, daya maksimum tercatat pada 7250 RPM dengan nilai 9,9 HP, dan torsi maksimum pada 3000 RPM sebesar 25,97 Nm. Sementara itu, pada sudut 15º, daya maksimum diperoleh pada 7500 RPM dengan nilai 10,7 HP, dan torsi maksimum pada 3500 RPM sebesar 15,41 Nm.Analisis data menunjukkan bahwa sudut kemiringan 13,8º memberikan torsi yang sangat tinggi pada RPM rendah, namun tidak optimal pada RPM tinggi. Sebaliknya, sudut kemiringan 15º lebih efisien dalam mempertahankan torsi pada kecepatan mesin yang lebih tinggi. Oleh karena itu, pemilihan sudut kemiringan pulley harus disesuaikan dengan kebutuhan spesifik kendaraan dan tujuan penggunaan.Penelitian ini menyimpulkan bahwa variasi sudut kemiringan drive pulley berpengaruh signifikan terhadap distribusi daya dan torsi sepeda motor matic. Pengaturan sudut kemiringan yang tepat dapat meningkatkan efisiensi mesin dan performa kendaraan secara keseluruhan, sesuai dengan kebutuhan berkendara.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Continuous Variable Transmission (CVT), Honda Vario 150cc, drive pulley, sudut kemiringan, dynotest, performa sepeda motor
Subjects: 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 600 Teknologi (ilmu terapan) > 600 Teknologi
600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 660 Teknik kimia > 660 Teknik kimia
600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 660 Teknik kimia > 662 Teknologi bahan peledak, bahan bakar, dan produk terkait
600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 670 Manufaktur, pabrik-pabrik > 670 Manufaktur, pabrik-pabrik
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Mesin
Depositing User: Syiha Buddin Nafi'ansyah
Date Deposited: 31 Jan 2025 04:28
Last Modified: 31 Jan 2025 04:28
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
Wirawan, Hendar
NIDN0719058002
Thesis advisor
Yuwita, Pelangi Eka
NIDN0715059004
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/7050

Actions (login required)

View Item
View Item