NAFI'ANSYAH, SYIHA BUDDIN (2024) STUDI EKSPERIMEN PENGARUH VARIASI SUDUT DRIVE PULLEY PADA CONTINUOUSLY VARIABLE TRANSMISSION (CVT) TERHADAP PERUBAHAN DAYA DAN TORSI VARIO 150 CC. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.
COVER SKRIPSI.pdf
Download (395kB)
AWALAN.pdf
Download (645kB)
BAB I.pdf
Download (386kB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (570kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (492kB) | Request a copy
BAB V.pdf
Download (382kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (450kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Perkembangan teknologi yang pesat di dunia otomotif telah mendorong penelitian untuk meningkatkan performa sepeda motor, khususnya pada sistem transmisi otomatis atau CVT (Continuous Variable Transmission). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh variasi sudut kemiringan drive pulley terhadap performa sepeda motor matic Honda Vario 150cc, guna menemukan sudut optimal yang menghasilkan daya dan torsi terbaik. Penelitian dilakukan di CMT Bengkel, Malang, menggunakan dynotest untuk mengukur daya dan torsi pada tiga variasi sudut kemiringan drive pulley: 13,5º, 13,8º, dan 15º.Rumusan masalah dalam penelitian ini meliputi: 1) Bagaimana pengaruh variasi sudut kemiringan drive pulley terhadap daya pada sepeda motor Honda Vario 150cc? 2) Bagaimana pengaruh variasi sudut kemiringan drive pulley terhadap torsi pada sepeda motor Honda Vario 150cc? Hasil pengujian menunjukkan bahwa setiap variasi sudut kemiringan drive pulley mempengaruhi performa mesin secara signifikan. Pada sudut kemiringan 13,5º, daya maksimum dicapai pada 6750 RPM dengan nilai 10,0 HP dan torsi maksimum pada 3250 RPM sebesar 20,26 Nm. Pada sudut kemiringan 13,8º, daya maksimum tercatat pada 7250 RPM dengan nilai 9,9 HP, dan torsi maksimum pada 3000 RPM sebesar 25,97 Nm. Sementara itu, pada sudut 15º, daya maksimum diperoleh pada 7500 RPM dengan nilai 10,7 HP, dan torsi maksimum pada 3500 RPM sebesar 15,41 Nm.Analisis data menunjukkan bahwa sudut kemiringan 13,8º memberikan torsi yang sangat tinggi pada RPM rendah, namun tidak optimal pada RPM tinggi. Sebaliknya, sudut kemiringan 15º lebih efisien dalam mempertahankan torsi pada kecepatan mesin yang lebih tinggi. Oleh karena itu, pemilihan sudut kemiringan pulley harus disesuaikan dengan kebutuhan spesifik kendaraan dan tujuan penggunaan.Penelitian ini menyimpulkan bahwa variasi sudut kemiringan drive pulley berpengaruh signifikan terhadap distribusi daya dan torsi sepeda motor matic. Pengaturan sudut kemiringan yang tepat dapat meningkatkan efisiensi mesin dan performa kendaraan secara keseluruhan, sesuai dengan kebutuhan berkendara.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Continuous Variable Transmission (CVT), Honda Vario 150cc, drive pulley, sudut kemiringan, dynotest, performa sepeda motor |
Subjects: | 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 600 Teknologi (ilmu terapan) > 600 Teknologi 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 660 Teknik kimia > 660 Teknik kimia 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 660 Teknik kimia > 662 Teknologi bahan peledak, bahan bakar, dan produk terkait 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 670 Manufaktur, pabrik-pabrik > 670 Manufaktur, pabrik-pabrik |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Mesin |
Depositing User: | Syiha Buddin Nafi'ansyah |
Date Deposited: | 31 Jan 2025 04:28 |
Last Modified: | 31 Jan 2025 04:28 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor Wirawan, Hendar NIDN0719058002 Thesis advisor Yuwita, Pelangi Eka NIDN0715059004 |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/7050 |