NIKMAH, MALIKHATUN (2024) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DALAM MENINGKATKAN KOGNITIF SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI SMA NEGERI 1 BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.
Cover.pdf
Download (353kB)
AWALAN.pdf
Download (2MB)
BAB I.pdf
Download (1MB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB) | Request a copy
BAB V.pdf
Download (349kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (565kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB) | Request a copy
Abstract
Penelitian ini didasari oleh kendala yang terjadi dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Bojonegoro. Guru menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw ini dikarenakan beberapa kendala yaitu kurang adanya timbal balik antara siswa dengan guru, siswa yang kurang pintar minder apabila digabungkan dengan siswa yang pintar. Dengan menerapkan model ini siswa akan bekerja sama dan bertanggung jawab dengan tugasnya masing-masing.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan simpulan.
Berdasarkan penelitian yang dilakukan, didapatkan hasil sebagai berikut: (1) penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw terdiri dari dua poin, yaitu perencanaan dan pelaksanaan. Perencanaan yang dibuat adalah pembuatan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) dan silabus. Proses pembelajaran dengan Tipe Jigsaw ada 8 tahapan, dan sebelum guru memberikan evaluasi, beliau juga memberikan waktu untuk sharing session kepada setiap kelompok asal. Siswa merasa senang, aktif, pemahamannya juga bagus dan merasa lebih bertanggung jawab dalam mengikuti pelajaran, karena masing-masing siswa memiliki materi yang harus dikuasai. (2) Adapun faktor pendukung dalam pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw ini adalah keahlian guru, adanya siswa, dan adanya sarana prasarana. Faktor penghambatnya adalah kurangnya waktu dan adanya siswa pasif.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Kooperatif Jigsaw, Kognitif Siswa, Pendidikan Agama Islam |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Nikmah Malikhatun |
Date Deposited: | 30 Dec 2024 01:54 |
Last Modified: | 30 Dec 2024 01:54 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor AZIZ, SU'UDIN NIDN2121128602 Thesis advisor SHOLAHUDDIN, AGUS MOH. NIDN0710089104 |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/7025 |