IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DALAM MENINGKATKAN KOGNITIF SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI SMA NEGERI 1 BOJONEGORO

NIKMAH, MALIKHATUN (2024) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DALAM MENINGKATKAN KOGNITIF SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI SMA NEGERI 1 BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of Cover.pdf] Text
Cover.pdf

Download (353kB)
[thumbnail of AWALAN.pdf] Text
AWALAN.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (349kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (565kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini didasari oleh kendala yang terjadi dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Bojonegoro. Guru menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw ini dikarenakan beberapa kendala yaitu kurang adanya timbal balik antara siswa dengan guru, siswa yang kurang pintar minder apabila digabungkan dengan siswa yang pintar. Dengan menerapkan model ini siswa akan bekerja sama dan bertanggung jawab dengan tugasnya masing-masing.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan simpulan.
Berdasarkan penelitian yang dilakukan, didapatkan hasil sebagai berikut: (1) penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw terdiri dari dua poin, yaitu perencanaan dan pelaksanaan. Perencanaan yang dibuat adalah pembuatan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) dan silabus. Proses pembelajaran dengan Tipe Jigsaw ada 8 tahapan, dan sebelum guru memberikan evaluasi, beliau juga memberikan waktu untuk sharing session kepada setiap kelompok asal. Siswa merasa senang, aktif, pemahamannya juga bagus dan merasa lebih bertanggung jawab dalam mengikuti pelajaran, karena masing-masing siswa memiliki materi yang harus dikuasai. (2) Adapun faktor pendukung dalam pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw ini adalah keahlian guru, adanya siswa, dan adanya sarana prasarana. Faktor penghambatnya adalah kurangnya waktu dan adanya siswa pasif.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif Jigsaw, Kognitif Siswa, Pendidikan Agama Islam
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nikmah Malikhatun
Date Deposited: 30 Dec 2024 01:54
Last Modified: 30 Dec 2024 01:54
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
AZIZ, SU'UDIN
NIDN2121128602
Thesis advisor
SHOLAHUDDIN, AGUS MOH.
NIDN0710089104
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/7025

Actions (login required)

View Item
View Item