Ula, Niela Husnayal (2024) EFEKTIVITAS PENERAPAN ABILITY GROUPING DALAM PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI KONTEN PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA KELAS X DI MAN 2 BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.
COVER.pdf
Download (784kB)
Awalan.pdf
Download (1MB)
BAB I.pdf
Download (828kB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (814kB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (824kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
BAB V.pdf
Download (768kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (768kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB) | Request a copy
Abstract
Pada dasarnya setiap peserta didik memiliki kemampuan, bakat dan minat yang berbeda, oleh karena itu perlu adanya pembentukkan kemampuan peserta didik yang dipengaruhi oleh proses belajar disekolah. Untuk menciptakan proses belajar yang efektif, hal yang harus dipahami guru adalah fungsi dan peranannya dalam kegiatan belajar mengajar. Dalam proses pelaksanaan pembelajaran, mengidentifikasi dan memahami kebutuhan belajar peserta didik yang berbeda disetiap kelas bisa jadi sulit, karena setiap peserta didik memiliki gaya belajar, tingkat pemahaman dan minat yang berbeda, tidak cukupnya waktu bagi guru untuk fokus pada setiap peserta didik secara individual dalam pembelajaran berdiferensias. Untuk mengatasi masalah tersebut maka perlu adanya suatu model pembelajaran yang sesuai untuk meningkatkan hasil belajar dan keaktifan siswa. Melalui model pembelajaran Ability Grouping diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar dan keaktifan peserta didik kelas X MAN 2 Bojonegoro pada mata pelajaran akidah akhlak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas metode Ability Grouping dalam pembelajaran berdiferensiasi untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa kelas X di MAN 2 Bojonegoro pada mata pelajaran Akidah Akhlak. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan desain quasi eksperimen. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas X D (Kelas Eksperimen) dan X E (Kelas Kontrol)d i MAN 2 Bojonegoro. Data dikumpulkan melalui pretest dan posttest untuk mengukur peningkatan hasil belajar kognitif siswa. Analisis data dilakukan dengan teknik analisis statistik deskriptif untuk melihat nilai mean, minimum, & maksimum hasil belajar siswa, kemudian berlanjut ke teknik uji t untuk melihat pengaruh metode AG terhadap peningkatan hasil belajar kognitif siswa, dan untuk melihat seberapa efektif metode AG dalam meningkatkan hasil belajar kognitif siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan yang signifikan terhadap hasil belajar kognitif siswa setelah penerapan metode pembelajaran AG, Dimana Kelas X D Mengalami peningkatan skor sebesar 34 poin dengan skor mean nilai posttest sebesar 89,04 sedangkan kelas X E sebesar 81,48.Hasil output uji t sebesar 0.000 < 0,05 dimana hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif metode AG terhadap peningkatkan hasil belajar kognitif siswa. Dari hasil uji penelitian menunjukkan bahwa metode pembelajaran AG cukup efektif dalam meningkatkan hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas X di MAN 2 Bojonegoro.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Ability Grouping, Berdiferensiasi, Akidah Akhlak |
Subjects: | 200 – Agama > 200 Agama > 200 Agama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Niela Husnayal Ula |
Date Deposited: | 19 Oct 2024 08:03 |
Last Modified: | 19 Oct 2024 08:03 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor Choiri, Moh. Miftahul NIDN0704019003 Thesis advisor Shofiyyudin, Ahmad NIDN2115058905 |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/6881 |