EFEKTIVITAS PENERAPAN ABILITY GROUPING DALAM PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI KONTEN PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA KELAS X DI MAN 2 BOJONEGORO

Ula, Niela Husnayal (2024) EFEKTIVITAS PENERAPAN ABILITY GROUPING DALAM PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI KONTEN PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA KELAS X DI MAN 2 BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (784kB)
[thumbnail of Awalan.pdf] Text
Awalan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (828kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (814kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (824kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (768kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (768kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Pada dasarnya setiap peserta didik memiliki kemampuan, bakat dan minat yang berbeda, oleh karena itu perlu adanya pembentukkan kemampuan peserta didik yang dipengaruhi oleh proses belajar disekolah. Untuk menciptakan proses belajar yang efektif, hal yang harus dipahami guru adalah fungsi dan peranannya dalam kegiatan belajar mengajar. Dalam proses pelaksanaan pembelajaran, mengidentifikasi dan memahami kebutuhan belajar peserta didik yang berbeda disetiap kelas bisa jadi sulit, karena setiap peserta didik memiliki gaya belajar, tingkat pemahaman dan minat yang berbeda, tidak cukupnya waktu bagi guru untuk fokus pada setiap peserta didik secara individual dalam pembelajaran berdiferensias. Untuk mengatasi masalah tersebut maka perlu adanya suatu model pembelajaran yang sesuai untuk meningkatkan hasil belajar dan keaktifan siswa. Melalui model pembelajaran Ability Grouping diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar dan keaktifan peserta didik kelas X MAN 2 Bojonegoro pada mata pelajaran akidah akhlak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas metode Ability Grouping dalam pembelajaran berdiferensiasi untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa kelas X di MAN 2 Bojonegoro pada mata pelajaran Akidah Akhlak. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan desain quasi eksperimen. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas X D (Kelas Eksperimen) dan X E (Kelas Kontrol)d i MAN 2 Bojonegoro. Data dikumpulkan melalui pretest dan posttest untuk mengukur peningkatan hasil belajar kognitif siswa. Analisis data dilakukan dengan teknik analisis statistik deskriptif untuk melihat nilai mean, minimum, & maksimum hasil belajar siswa, kemudian berlanjut ke teknik uji t untuk melihat pengaruh metode AG terhadap peningkatan hasil belajar kognitif siswa, dan untuk melihat seberapa efektif metode AG dalam meningkatkan hasil belajar kognitif siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan yang signifikan terhadap hasil belajar kognitif siswa setelah penerapan metode pembelajaran AG, Dimana Kelas X D Mengalami peningkatan skor sebesar 34 poin dengan skor mean nilai posttest sebesar 89,04 sedangkan kelas X E sebesar 81,48.Hasil output uji t sebesar 0.000 < 0,05 dimana hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif metode AG terhadap peningkatkan hasil belajar kognitif siswa. Dari hasil uji penelitian menunjukkan bahwa metode pembelajaran AG cukup efektif dalam meningkatkan hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas X di MAN 2 Bojonegoro.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Ability Grouping, Berdiferensiasi, Akidah Akhlak
Subjects: 200 – Agama > 200 Agama > 200 Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Niela Husnayal Ula
Date Deposited: 19 Oct 2024 08:03
Last Modified: 19 Oct 2024 08:03
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
Choiri, Moh. Miftahul
NIDN0704019003
Thesis advisor
Shofiyyudin, Ahmad
NIDN2115058905
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/6881

Actions (login required)

View Item
View Item