PENERAPAN ALGORITMA APRIORI DALAM MENENTUKAN POLA KETERSEDIAAN STOK BARANG BERDASARKAN PERMINTAAN KONSUMEN DI REGAZA MINIMARKET

MUHLIFAH, RINI (2024) PENERAPAN ALGORITMA APRIORI DALAM MENENTUKAN POLA KETERSEDIAAN STOK BARANG BERDASARKAN PERMINTAAN KONSUMEN DI REGAZA MINIMARKET. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of Cover.pdf] Text
Cover.pdf

Download (800kB)
[thumbnail of AWALAN-.pdf] Text
AWALAN-.pdf

Download (945kB)
[thumbnail of BAB I-.pdf] Text
BAB I-.pdf

Download (536kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (879kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (880kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (519kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (460kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Minimarket adalah sebuah jenis usaha yang menggabungkan antara konsep swalayan dalam skala dengan target pasar yang sama dengan target pasar tradisional. Pertumbuhan minimarket kian hari makin pesat di Indonesia khususnya kota Bojonegoro yang kini menjadi sasaran empuk bagi para pembisnis lokal. frequent itemset berhasil mengidentifikasi kombinasi item yang sering muncul bersamaan dalam transaksi. Beberapa frequent 1-itemset yang ditemukan antara lain Yupi (36 kali), Sari Roti (28 kali), dan Mikako (21 kali). Selain itu, frequent 2-itemset seperti 'YUPI, SARI ROTI' (17 kali) dan 'YUPI, NABATI' (14 kali) juga berhasil diidentifikasi. Analisis association rules menghasilkan aturan-aturan yang menunjukkan hubungan antara item-item dalam transaksi. Beberapa aturan yang menarik ditemukan, seperti: Jika pelanggan membeli ULTRA MILK, maka ada kemungkinan 93.33% mereka juga akan membeli SARI ROTI (dengan lift 1.62). Jika pelanggan membeli INDOMILK, maka ada kemungkinan 93.75% mereka juga akan membeli SARI ROTI (dengan lift 1.62). Jika pelanggan membeli LE MINERALE, maka ada kemungkinan 94.74% mereka juga akan membeli YUPI (dengan lift 1.64).
Kata Kunci : Association Rule, Apriori, Stok, Minimarket

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Association Rule, Apriori, Stok, Minimarket
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 310 Statistik umum > 310 Koleksi statistik umum
600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 680 Manufaktur untuk penggunaan khusus > 685 Produksi barang-barang dari kulit, bulu, dan produk terkait
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Statistika
Depositing User: Rini Muhlifah
Date Deposited: 28 Nov 2024 04:53
Last Modified: 28 Nov 2024 04:53
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
CAHYANI, NITA
NIDN0704038906
Thesis advisor
MAHMUDAH, NUR
NIDN0715039201
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/6853

Actions (login required)

View Item
View Item