PENGEMBANGAN BAHAN AJAR DIGITAL PADA MATERI ISRA’ MI’RAJ NABI MUHAMMAD SAW UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA KELAS IV DI MI TARBIYATUL ISLAM SOKOSARI TUBAN

HUSNA, AMILATUN (2024) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR DIGITAL PADA MATERI ISRA’ MI’RAJ NABI MUHAMMAD SAW UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA KELAS IV DI MI TARBIYATUL ISLAM SOKOSARI TUBAN. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri Bojonegoro.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (368kB)
[thumbnail of AWALAN.pdf] Text
AWALAN.pdf

Download (527kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (670kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV (2).pdf] Text
BAB IV (2).pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (475kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (506kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Proses pembelajaran SKI di kelas IV MI Tarbiyatul Islam Sokosari tuban materi Isra’ Mi’raj. Dalam proses belajar mengajar guru hanya menggunakan buku lks dan papan tulis saja, selain itu guru hanya menjelaskan dengan metode ceramah sehingga peserta didik merasa bosan mengantuk, dan mengobrol dengan teman sebangkunya dan kurangnya bahan ajar sehingga menjadikan salah satu faktor tersebut. Maka pengembangan bahan ajar digital menjadikan solusi dari permasalahan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar digital yang efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa kelas IV tentang Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE, yang meliputi lima tahap: Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan angket untuk mengidentifikasi kebutuhan siswa dan guru.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar digital yang dikembangkan efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa. Hal ini ditunjukkan dengan peningkatan nilai pre-test dan post-test siswa setelah menggunakan bahan ajar digital. Validasi oleh ahli materi, ahli media, dan guru menunjukkan bahwa bahan ajar digital ini sangat layak digunakan dalam proses pembelajaran. Selain itu, implementasi bahan ajar digital ini mendapat respon positif dari siswa, yang merasa lebih tertarik dan termotivasi dalam mempelajari materi Isra' Mi'raj. Validasi ahli media menunjukkan bahwa bahan ajar digital sangat layak digunakan dengan perolehan persentase sebesar 90%. Validasi ahli bahasa menunjukkan keakuratan bahasa dan kemudahan pemahaman dengan persentase sebesar 80% untuk sebagian besar indikator. Validasi ahli materi mendapat persentase sebesar 96% menunjukkan bahwa media sangat menarik dan membuat anak-anak lebih semangat dalam pembelajaran SKI. Hasil angket respon siswa menunjukkan bahwa 100% siswa merasa bahwa bahan ajar digital sangat tepat digunakan dan membantu mereka dalam memahami materi isra’ mi’raj. Skor rata-rata dari angket respon siswa adalah 73% yang menunjukkan bahwa bahan ajar digital diterima dengan baik oleh siswa.

Kata Kunci: Bahan ajar, Pengembangan Bahan Ajar Digital

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Bahan ajar, Pengembangan Bahan Ajar Digital
Subjects: 200 – Agama > 200 Agama > 200 Agama
300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Amilatun Husna
Date Deposited: 19 Oct 2024 02:25
Last Modified: 19 Oct 2024 02:25
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
SA'DIYAH, ZUMROTUS
NIDN2108089102
Thesis advisor
HABIBULLOH, M.ROMADLON
NIDN2109058801
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/6841

Actions (login required)

View Item
View Item