abrar, muhamad gery (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR KETERAMPILAN TEKNIK DASAR BERMAIN SEPAK BOLA. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nadhlatul Ulama Sunan Giri.
Cover.pdf
Download (49kB)
AWALAN.pdf
Download (694kB)
BAB I.pdf
Download (496kB)
BAB II (2).pdf
Restricted to Registered users only
Download (955kB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (555kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (545kB) | Request a copy
BAB V.pdf
Download (280kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (397kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Pendidikan jasmani atau yang sering kita kenal dengan Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan dalam dunia pendidikan pada dasarnya merupakan bagian integral dari sistem pendidikan secara menyeluruh, bertujuan untuk mengembangkan beberapa aspek kesehatan, kebugaran jasmani, kontroling emosional, keterampilan sosial, penalaran dan moral. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah Bagaimanakah pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap hasil belajar ketrampilan teknik dasar bermain sepak bola?. Sehingga tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberitahu pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap keterampilan Teknik dasar bermain sepak bola. Penelitian ini merupakan penelitian dengan menggunakan metode Penelitian Eksperimen, Pertemuan dalam penelitian ini berjumlah dua kali dalam setiap pertemuan menunjukan tahap perkembangan proses pembelajaran Pendidikan jasmani dengan materi teknik dasar bermain sepak bola. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 4 MII Yaspira TulungAgung. Instrument yang digunakan pada penelitian ini adalah lembar pengamat dan tes untuk siswa, analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah SPSS 25. Upaya yang dilakukan dalam penelitian ini adalah penerapan permainan bola besar untuk meningkatkan hasil belajar keterampilan teknik dasar bermain sepak bola. Dari hasil analisis yang didapat dari hasil uji normalitas diketahui nilai pre test passing 0,058, nilai pre test shooting 0,054 dan nilai pretes dribbling 0,075 > 0,05 dan di ketahui nilai pos test passing 0,092, nilai post es shooting 0,068 dan nilai post es dribbling 0,078>0,05. Uji Hemogenitas mengetahui nilai sig dari uji homogenitas di atas adalah 0,063 > 0,05. Hasil uji statistic di ketahui nilai rata-rata kelas A mempunyai rerata jauh lebih kecil yaitu 73.29 > nilai rata kelas B yaitu 79.60. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Adanya pengaruh yang positif dan signifikan terhadap model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap hasil belajar ketrampilan teknik dasar bermain sepak bola.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | sepakbola,jigsaw,pendidikan |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah dan aktivitasnya; pendidikan khusus |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | muhamad gery abrar |
Date Deposited: | 19 Oct 2024 06:44 |
Last Modified: | 19 Oct 2024 06:44 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor CAHYANI, OLIVIA DWI NIDN0729098702 Thesis advisor Putri, Wahyu Setia Kuscahyaning NIDN0710029103 |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/6830 |