PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD TERHADAP HASIL BELAJAR TEKNIK DASAR SHOOTING SEPAKBOLA PADA SISWA KELAS V MI ISLAMIYAH TULUNGAGUNG BAURENO

Pamungkas, Akhmad Wahyu (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD TERHADAP HASIL BELAJAR TEKNIK DASAR SHOOTING SEPAKBOLA PADA SISWA KELAS V MI ISLAMIYAH TULUNGAGUNG BAURENO. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nadhatul Ulama sunan giri.

[thumbnail of cover.pdf] Text
cover.pdf

Download (142kB)
[thumbnail of AWALAN.pdf] Text
AWALAN.pdf

Download (703kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (429kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (519kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (666kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (735kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (385kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (419kB)
[thumbnail of LAMPIRAN .pdf] Text
LAMPIRAN .pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Alasan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe STAD karena tipe pembelajaran kooperatif tipe STAD adalah yang paling sederhana.Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil keterampilan shooting dalam permainan sepakbola siswa kelas V MI Islamiyah Tulungagung Baureno dengan model pembelajaran tipe Student Teams Achievement Division (STAD) pretest dan posttest. Hal ini sesuai dengan perhitungan yang dilakukan dengan menggunakan program IBM SPSS Statistics versi 22. Hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai Sig 0,000. Hal ini berarti bahwa nilai signifikansi yang diperoleh, yaitu 0,000, lebih kecil dari ambang batas 0,05 (5%). Oleh karena itu, hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (H1) diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran tipe Student Teams Achievement Division (STAD) terhadap hasil keterampilan shooting sepak bola kelas V MI Islamiyah Tulungagung Baureno. Dilihat dari nilai rata-rata, rata-rata pretest adalah 45,88, sementara rata-rata posttest adalah 67,56. Hal ini menunjukkan bahwa metode pembelajaran tipe Student Teams Achievement Division (STAD) mampu memberikan perbaikan sebesar 47% dalam hasil hasil keterampilan shooting sepak bola kelas V MI Islamiyah Tulungagung Baureno.Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data yang telah dilakukan, serta pengujian hipotesis yang telah dilakukan, dapat diambil kesimpulan bahwa terdapat dampak yang signifikan dari model pembelajaran tipe Student Teams Achievement Division (STAD) terhadap hasil keterampilan shooting sepak bola kelas V MI Islamiyah Tulungagung Baureno. Hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai Sig 0,000. Hal ini berarti bahwa nilai signifikansi yang diperoleh, yaitu 0,000, lebih kecil dari ambang batas 0,05 (5%). Oleh karena itu, hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (H1) diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model model pembelajaran tipe Student Teams Achievement Division (STAD) terhadap hasil keterampilan shooting sepak bola kelas V MI Islamiyah Tulungagung Baureno.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: pembelajaran kooperatif STAD, keterampilan menembak sepak bola, kurikulum pendidikan jasmani, penelitian kuantitatif, desain pretest-posttest, analisis data SPSS, divisi prestasi tim siswa, hasil belajar.
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah dan aktivitasnya; pendidikan khusus
300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah dan aktivitasnya; pendidikan khusus > 371.26 Examinations and Tests/Ujian Akademik, Tes Akademik
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: akhmad wahyu pamungkas
Date Deposited: 19 Oct 2024 06:51
Last Modified: 19 Oct 2024 06:51
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
Cahyani, Olivia Dwi
NIDN0729098702
Thesis advisor
Putri, Wahyu Setia Kuscahyaning
NIDN0710029103
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/6829

Actions (login required)

View Item
View Item