MUGHOFAR, MOH. KHOLIL (2021) KEUNGGULAN METODE BAGHDADIYAH DAN POTENSINYA SEBAGAI PENYEMPURNA METODE PRAKTIS MEMBACA AL QUR’AN PP. ADNAN AL CHARISH BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri Bojonegoro.
Cover.pdf
Download (108kB)
Awalan.pdf
Download (623kB)
BAB 1.pdf
Download (457kB)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only
Download (521kB) | Request a copy
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only
Download (612kB) | Request a copy
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only
Download (672kB) | Request a copy
BAB 5.pdf
Download (416kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (822kB) | Request a copy
Abstract
proses pembelajaran Al Qur’an sangatlah penting mengg metode dalam penyampaian materi pembelajaran, karena metode tersebut dijadikan sebagai sarana dalam penyampaian materi agar pembelajaran bisa berjalan dengan baik, efesien dan efektif. Keinginan mampu membaca Al Quran dengan cepat membuat kebanyakan orang lebih suka memilih metode yang tidak membutuhkan waktu lama. Namun berdasarkan observasi peneliti, metode metode baru sejauh ini hanya meningkatkan kemampuan membaca Al Qur’an peserta didik saja, belum mampu meningkatkan kemampuan menulis. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap keunggulan metode Baghdadiyah dan potensinya sebagai penyempurna metode praktis membaca Al Qur’an, dengan fokus penelitian mencakup: 1) keunggulan sistem penataan dalam implementasi metode Baghdadiyah di PP. Adnan Al Charish Bojonegoro, 2) keunggulan pelaksanaan metode Baghdadiyah, dan 3) keunggulan metode Baghdadiyah yang berpotensi sebagai penyempurna metode praktis membaca Al Qur’an. Penelitian ini tergolong ke dalam jenis penelitian kualitatif dengan metodologi deskriptif. Data yang digunakan adalah data primer dan sekunder yang diperoleh melalui proses penggalian data menggunakan metode dokumentasi, observasi dan wawancara. Data dianalisis dengan teknik analisis non statistik dengan acuan dari Miles dan Hubberman. Sedangkan untuk pengecekan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Dari hasil analisis data diperoleh kesimpulan sebagai berikut: 1) Sistem pembelajaran membaca Al Qur’an yang diterapkan di PP. Adnan Al Charish Bojonegoro disusun menjadi tiga kelas/tingkatan; Fatihah (tingkat paling dasar dengan menerapkan metode Baghdadiyah), Juz Amma dan Al Qur’an, serta ada standarisasi kualitas bacaan santri dan pemilihan tenaga pendidik, 2) Keunggulan pelaksanaan metode Baghdadiyah di PP. Adnan Al Charish Bojonegoro ialah menjadikan kefasihan makhorijul huruf dan ketepatan Tajwid bacaan surah Fatihah sebagai standar kelulusan santri dan 3) keunggulan metode Baghdadiyah yang berpotensi sebagai penyempurna metode praktis membaca Al Qur’an ialah penggunaan metode Eja. Metode eja adalah belajar membaca yang dimulai dari mengeja huruf demi huruf.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Membaca Al Qur’an, Al Qur’an, Metode Baghdadiyah |
Subjects: | 200 – Agama > 290 Agama lainnya > 297 Agama Islam, Bab-isme dan keyakinan Bahai |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Perpustakaan Pusat Admin |
Date Deposited: | 18 Apr 2022 06:19 |
Last Modified: | 18 Apr 2022 06:19 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor ANISAH, GIATI UNSPECIFIED Thesis advisor CAHYANINGRUM, VESTI DWI UNSPECIFIED |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/682 |