NISAK, HIDAYATUN (2024) PENGARUH PEMANFAATAN MACROMEDIA FLASH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIKIH MATERI HAJI KELAS VIII DI SMP ISLAM NURUL ULUM KALITIDU. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.
COVER.pdf
Download (319kB)
AWALAN.pdf
Download (1MB)
BAB I.pdf
Download (601kB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (778kB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (871kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (971kB) | Request a copy
BAB V.pdf
Download (481kB)
DAFTA PUSTAKA.pdf
Download (381kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Untuk mengatasi kebosanan siswa dan mengembangkan kreativitas guru. Peneliti lebih condong terhadap macromedia flash untuk proses pembelajaran ini sangatlah mudah untuk pembelajaran yang akan diajarkan dan disampaikan oleh siswa. Oleh sebab itu, peneliti menemukan media baru berupa macromedia flash 8 untuk diterapkan dalam pembelajaran fiqih materi Haji. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemanfaataatan Macromedia Flash terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fikih materi haji Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah Pre�Experimental Design dengan model desain One-Group Pretest-Posttest Design. Digunakan desain ini karena terdapat pretest sebelum diberi perlakuan, hasil perlakuan dapat diketahui lebih akurat karena dapat dibandingkan dengan keadaan sebelum diberi perlakuan. Oleh karena itu, metode penelitian eksperimen ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari suatu perlakuan.Berdasarkan hasil dari nilai signifikansi sig.(2tailed )sebesar 0,000<0,05, ,keputusan dalam uji independent sampel T-test adalah H_o ditolak H_a diterima. Jadi dapat di simpulkan bahwa terdapat perbedaan dalam rata-rata hasil belajar peserta didik yang menggunakan pembelajaran menggunakan Macromedia Flash, dengan peserta didik yang tidak menggunakan Macromedia Flash dalam pembelajaran Fikih materi haji. Berdasarkan analisis data dan pembahasan ,maka peneliti dapat menyimpulkan hasil penelitian ini,antara lain: Berdasarkan Uji deskriptif menunjukkan terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik mata pelajaran Fiqih materi haji yang menggunakan Macromedia Flash dengan kelas yang tidak menggunakan berbasis Macromedia Flash.hal ini di tunjukkan dengan hasil nilai rata-rata Postest sebesar 75,80 sedangkan nilai pretest 20,40. Terdapat pengaruh penggunaan Macromedia Flash dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam materi haji.Kesimpulan ini di buktikan dengan hasil hipotesis yang menunjukkan hasil perbandingan antara nilai sig, dengan nilai alpha dimana nilai sig,lebih kecil dari pada alpha (0,000<0,05)
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran,Hasil belajar siswa |
Subjects: | 200 – Agama > 200 Agama > 200 Agama 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah dan aktivitasnya; pendidikan khusus > 371.33 Teaching Equipments/Alat Bantu Mengajar, Peralatan Pembelajaran, Perlengkapan Pengajaran 500 – Ilmu Pengetahuan > 500 Ilmu pengetahuan > 507 Pendidikan, penelitian, topik terkait ilmu pengetahuan alam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Hidayatun Nisak |
Date Deposited: | 19 Oct 2024 02:52 |
Last Modified: | 19 Oct 2024 02:52 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor Izza, Yogi Prana NIDN0731127601 Thesis advisor Rohmawati, Ulva Badi' NIDN2108088801 |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/6763 |