PENGARUH PEMANFAATAN MACROMEDIA FLASH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIKIH MATERI HAJI KELAS VIII DI SMP ISLAM NURUL ULUM KALITIDU

NISAK, HIDAYATUN (2024) PENGARUH PEMANFAATAN MACROMEDIA FLASH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIKIH MATERI HAJI KELAS VIII DI SMP ISLAM NURUL ULUM KALITIDU. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (319kB)
[thumbnail of AWALAN.pdf] Text
AWALAN.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (601kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (778kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (871kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (971kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (481kB)
[thumbnail of DAFTA PUSTAKA.pdf] Text
DAFTA PUSTAKA.pdf

Download (381kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Untuk mengatasi kebosanan siswa dan mengembangkan kreativitas guru. Peneliti lebih condong terhadap macromedia flash untuk proses pembelajaran ini sangatlah mudah untuk pembelajaran yang akan diajarkan dan disampaikan oleh siswa. Oleh sebab itu, peneliti menemukan media baru berupa macromedia flash 8 untuk diterapkan dalam pembelajaran fiqih materi Haji. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemanfaataatan Macromedia Flash terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fikih materi haji Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah Pre�Experimental Design dengan model desain One-Group Pretest-Posttest Design. Digunakan desain ini karena terdapat pretest sebelum diberi perlakuan, hasil perlakuan dapat diketahui lebih akurat karena dapat dibandingkan dengan keadaan sebelum diberi perlakuan. Oleh karena itu, metode penelitian eksperimen ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari suatu perlakuan.Berdasarkan hasil dari nilai signifikansi sig.(2tailed )sebesar 0,000<0,05, ,keputusan dalam uji independent sampel T-test adalah H_o ditolak H_a diterima. Jadi dapat di simpulkan bahwa terdapat perbedaan dalam rata-rata hasil belajar peserta didik yang menggunakan pembelajaran menggunakan Macromedia Flash, dengan peserta didik yang tidak menggunakan Macromedia Flash dalam pembelajaran Fikih materi haji. Berdasarkan analisis data dan pembahasan ,maka peneliti dapat menyimpulkan hasil penelitian ini,antara lain: Berdasarkan Uji deskriptif menunjukkan terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik mata pelajaran Fiqih materi haji yang menggunakan Macromedia Flash dengan kelas yang tidak menggunakan berbasis Macromedia Flash.hal ini di tunjukkan dengan hasil nilai rata-rata Postest sebesar 75,80 sedangkan nilai pretest 20,40. Terdapat pengaruh penggunaan Macromedia Flash dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam materi haji.Kesimpulan ini di buktikan dengan hasil hipotesis yang menunjukkan hasil perbandingan antara nilai sig, dengan nilai alpha dimana nilai sig,lebih kecil dari pada alpha (0,000<0,05)

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran,Hasil belajar siswa
Subjects: 200 – Agama > 200 Agama > 200 Agama
300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah dan aktivitasnya; pendidikan khusus > 371.33 Teaching Equipments/Alat Bantu Mengajar, Peralatan Pembelajaran, Perlengkapan Pengajaran
500 – Ilmu Pengetahuan > 500 Ilmu pengetahuan > 507 Pendidikan, penelitian, topik terkait ilmu pengetahuan alam
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Hidayatun Nisak
Date Deposited: 19 Oct 2024 02:52
Last Modified: 19 Oct 2024 02:52
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
Izza, Yogi Prana
NIDN0731127601
Thesis advisor
Rohmawati, Ulva Badi'
NIDN2108088801
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/6763

Actions (login required)

View Item
View Item