PERAN PENDIDIK DALAM PENERAPAN KESELAMATAN DIRI ANAK PADA USIA 4-5 TAHUN DI KB ATTOYYIBAH DESA SUMBERAGUNG KECAMATAN DANDER BOJONEGORO

Nirmala, Putri Ayu (2024) PERAN PENDIDIK DALAM PENERAPAN KESELAMATAN DIRI ANAK PADA USIA 4-5 TAHUN DI KB ATTOYYIBAH DESA SUMBERAGUNG KECAMATAN DANDER BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (433kB)
[thumbnail of AWALAN.pdf] Text
AWALAN.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (721kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (448kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (558kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (306kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (519kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Perlindungan dan keselamatan anak merupakan salah satu layanan yang harus diupayakan dalam lembaga Pendidikan Anak Usia Dini. Anak-anak membutuhkan perlindungan khusus pada masa ini, karena mereka belum mampu mempertahankan diri dan lebih rentan terhadap berbagai resiko dan bahaya keselamatan. Keselamatan adalah pengetahuan yang dimiliki oleh seseorang tentang bahaya dan cara-cara menghindarkan anak dari hal-hal yang membahayakan atau menimbulkan kecelakaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pendidik Kelompok Bermain At Thoyyibah Desa Sumberagung Kecamatan Dander Kabupaten Bojonegoro untuk mengoptimalisasi keselamatan anak di sekolah, tujuan penelitian dilakukan untuk melihat upaya satuan pendidikan tersebut dalam mendukung kenyamanan dan keselamatan anak selama proses pembelajaran dari pemilihan mainan yang tepat untuk seluruh aspek dari sosial emosional, kognitif, bahasa, dan motorik kasar maupun halus. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi untuk mendapatkan bukti-bukti yang mendukung dalam pengumpulan data. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Peran pendidik dalam penerapan keselamatan diri anak usia 4-5 tahun di Kelompok Bermain At toyyibah Sumberagung Dander Bojonegoro, dilakukan dengan beberapa langkah, yaitu 1) penerapan SOP pennyambutan dan penjemputan anak, 2) pendidik mensosialisasikan terkait tentang tubuh yang boleh disentuh dan yang tidak boleh disentuh dengan lagu “ Sentuhan Boleh”, 3) pendidik mengadakan kegiatan simulasi dalam menghadapi bencana salah satunya kerjasama dengan pihak Damkar. Faktor pendukung peran pendidik dalam penerapan keselamatan diri anak usia 4-5 tahun di KB At toyyibah Sumberagung Dander Bojonegoro adalah sarana dan prasarana dan penerapan Standar Operasional Prosedur. Adapun faktor penghambat adalah kurangnya pengetahuan dan pelatihan pendidik, dan kurangnya komunikasi dengan orang tua.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Peran Pendidik, Keselamatan Diri, Anak Usia 4-5 Tahun, Pendidikan Anak Usia Dini
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan > 370.114 Ethical Education, Character Education/Etika Pendidikan, Pendidikan Karakter
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Putri Ayu Nirmala
Date Deposited: 17 Sep 2024 03:08
Last Modified: 17 Sep 2024 03:08
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
Ni'mah, Roudlotun
NIDN2125068202
Thesis advisor
Fikri, M. Tsaqibul
NIDN2108089201
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/6762

Actions (login required)

View Item
View Item