Amilatun, Amilatun (2024) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK BERBASIS SOCRATIVE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X MA AL-KHOIRIYAH BALEN BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri Bojonegoro.
COVER.pdf
Download (189kB)
AWALAN.pdf
Download (1MB)
BAB I.pdf
Download (456kB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (624kB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (793kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (520kB) | Request a copy
BAB V.pdf
Download (274kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (377kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB) | Request a copy
Abstract
Latar belakang masalah penelitian ini adalah adanya rasa bosan yang dirasakan oleh siswa dalam pembelajaran akidah akhlak, yang terkesan monoton dan kurang menarik. Hal ini disebabkan oleh penggunaan media pembelajaran yang terbatas dan belum memanfaatkan media yang lebih menarik dan interaktif. Akibatnya, pembelajaran menjadi kurang efektif dan siswa kurang termotivasi untuk belajar. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi dari media Socrative, hasil belajar siswa sebelum penggunaan media Socrative, serta pengaruhnya terhadap Hasil belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas X MA Al-Khoiriyah Balen Bojonegoro.
Pendekatan yang digunakan adalah jenis penelitian dengan bentuk pre-Experimental designs yaitu one group pre-test post-test. Yang menjadi sampel pada penelitian ini yaitu siswa kelas X MA Al-Khoiriyah Balen Bojonegoro dengan jumlah siswa sebanyak 34 anak. Teknik pengumpulan data pada penilitian ini yaitu wawancara, tes yang meliputi pre-test dan post-test untuk mengetahui hasil belajar siswa sebelum dan sesudah penggunaan media Socrative, dokumentasi. Analisis data pada penelitian ini meliputi: uji validitas dan reliabilitas instrumen penelitian, uji normalitas dan uji homogenitas, uji hipotesis. Untuk menguji hipotesis, peneliti menggunakan uji regresi linier sederhana agar dapat mengetahui pengaruh media Socrative terhadap hasil belajar siswa. Hasil analisis data menunjukkan bahwa media pembelajaran akidah akhlak berbasis Socrative berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas X, hasilnya diperoleh pada pengujian regresi linier sederhana dibuktikan dengan adanya perhitungan yaitu nilai signifikansi 0,00 < 0,05. Berdasarkan hal tersebut maka dapat disimpukan bahwa (Ha) diterima dan (Ho) ditolak. Besarnya pengaruh dapat dilihat dari hasil R square yaitu sebesar 93,2%.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media PEMBELAJARAN Socrative, Hasil belajar siswa, Akidah akhlak |
Subjects: | 200 – Agama > 290 Agama lainnya > 297 Agama Islam, Bab-isme dan keyakinan Bahai |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | ami latun |
Date Deposited: | 17 Sep 2024 02:16 |
Last Modified: | 17 Sep 2024 02:16 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor Fauziah, Zumrotul NIDN2112119203 Thesis advisor Choiri, Moh. NIDN0704019003 |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/6747 |