KUSUMAWATI, ANGGI (2024) EFEKTIVITAS MODEL DISCOVERY LEARNING DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII PADA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MTs N 3 BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.
cover.pdf
Download (141kB)
AWALAN.pdf
Download (1MB)
BAB I.pdf
Download (603kB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (627kB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (568kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (596kB) | Request a copy
BAB V.pdf
Download (536kB)
Daftar Pustaka.pdf
Download (528kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (821kB) | Request a copy
Abstract
Membangun kedekatan dalam pembelajaran antara peserta didik dan pendidik membantu pendidik untuk melihat karakter peserta didik dalam berjalannya proses pembelajaran kedekatan ini tidak hanya menciptakan hubungan yang harmonis di dalam kelas, tetapi juga berdampak positif pada motivasi belajar siswa serta pencapaian hasil belajar yang optimal. Selain pendekatan dan melihat karakteristik siswa melalui pendekatan pembelajaran, pemilihan metode dan pendekatan dalam pembelajaran sangat penting bagi pendidik untuk mempersiapkan atau mempertimbangkan beberapa faktor, seperti tujuan pembelajaran, materi yang diajarkan, kondisi peserta didik, sumber belajar yang tersedia.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Apakah penggunaan discovery learning dengan pendekatan kontekstual efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII pada pelajaran Akidah Akhlak di MTs N 3 Bojonegoro. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif, populasi yang digunakan dalam penlitian ini sebanyak 35 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan daam penelitian ini yaitu uji unstrumen, uji prasyarat dan hipotesis.
Hasil penelitian dengan model discovery learning dengan pendekatan kontkstual menunjukkan bahwa terdapat efektivitas yang signikfikan antara model discovery learning, pendekatan kontekstual, dengan perolehan nilai t hitung (2.370) > t tabel (1.694) dengan taraf signifikan 0.05.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar Siswa , Model Discovery Learning, Pendekata Kontekstual |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah dan aktivitasnya; pendidikan khusus |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Anggi Kusumawati |
Date Deposited: | 17 Sep 2024 08:59 |
Last Modified: | 17 Sep 2024 08:59 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor Khumaini, Fahmi NIDN2104099007 Thesis advisor Muthi’uddin, Ahmad NIDN0701079402 |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/6745 |