EFEKTIVITAS MODEL DISCOVERY LEARNING DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII PADA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MTs N 3 BOJONEGORO

KUSUMAWATI, ANGGI (2024) EFEKTIVITAS MODEL DISCOVERY LEARNING DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII PADA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MTs N 3 BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of cover.pdf] Text
cover.pdf

Download (141kB)
[thumbnail of AWALAN.pdf] Text
AWALAN.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (603kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (627kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (568kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (596kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (536kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (528kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (821kB) | Request a copy

Abstract

Membangun kedekatan dalam pembelajaran antara peserta didik dan pendidik membantu pendidik untuk melihat karakter peserta didik dalam berjalannya proses pembelajaran kedekatan ini tidak hanya menciptakan hubungan yang harmonis di dalam kelas, tetapi juga berdampak positif pada motivasi belajar siswa serta pencapaian hasil belajar yang optimal. Selain pendekatan dan melihat karakteristik siswa melalui pendekatan pembelajaran, pemilihan metode dan pendekatan dalam pembelajaran sangat penting bagi pendidik untuk mempersiapkan atau mempertimbangkan beberapa faktor, seperti tujuan pembelajaran, materi yang diajarkan, kondisi peserta didik, sumber belajar yang tersedia.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Apakah penggunaan discovery learning dengan pendekatan kontekstual efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII pada pelajaran Akidah Akhlak di MTs N 3 Bojonegoro. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif, populasi yang digunakan dalam penlitian ini sebanyak 35 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan daam penelitian ini yaitu uji unstrumen, uji prasyarat dan hipotesis.
Hasil penelitian dengan model discovery learning dengan pendekatan kontkstual menunjukkan bahwa terdapat efektivitas yang signikfikan antara model discovery learning, pendekatan kontekstual, dengan perolehan nilai t hitung (2.370) > t tabel (1.694) dengan taraf signifikan 0.05.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar Siswa , Model Discovery Learning, Pendekata Kontekstual
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah dan aktivitasnya; pendidikan khusus
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Anggi Kusumawati
Date Deposited: 17 Sep 2024 08:59
Last Modified: 17 Sep 2024 08:59
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
Khumaini, Fahmi
NIDN2104099007
Thesis advisor
Muthi’uddin, Ahmad
NIDN0701079402
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/6745

Actions (login required)

View Item
View Item