WARDAH, MAULIDATUL (2024) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS APLIKASI POWTOON UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PAI DAN BUDI PEKERTI DI SMK SABILUL MUTTAQIN BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.
COVER.pdf
Download (166kB)
Awalan.pdf
Download (585kB)
BAB I.pdf
Download (357kB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (444kB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (223kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (782kB) | Request a copy
BAB V.pdf
Download (71kB)
Daftar Pustaka.pdf
Download (137kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (881kB) | Request a copy
Abstract
Penelitian ini membahas tentang Pengaruh Media Pembelajaran Animasi Menggunakan Aplikasi Powtoon Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Materi Metode Dakwah Walisongo kelas X di SMK Sabilul Muttaqin Margoagung. Media pembelajaran yang dapat digunakan oleh guru yakni media pembelajaran yang meliputi media pembelajaran yang bersifat tradisional maupun media pembelajaran yang bersifat modern. Dengan penggunaan media animasi dapat memudahkan siswa dalam mengatasi permasalahan dalam pembelajaran sehingga siswa tidak merasa jenuh dan bosan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan media pembelajaran animasi menggunakan aplikasi powtoon untuk meningkatkan prestasi belajar siswa dan untuk mengetahui pengaruh penerapan media pembelajaran animasi menggunakan aplikasi powtoon untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan design pre-eksperimen design, Bentuk desain penelitian dengan One-grup desaign,. Teknik sampling yang digunakan adalah sampling Insidental dan Analisis data hasil belajar menggunakan Uji Independent Sample T-test.
Hasil data yang diperoleh menunjukan nilai rata-rata pre-test yaitu 64,52 dan nilai post-test yaitu 75,24, yang berarti nilai rata-rata post-test lebih besar dibandingkan nilai pre-test. Sedangkan hasil dari uji independent sampel t-test mendapatkan hasil nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,001. Sesuai dengan kaidah dalam pengambilan keputusan jika sig.(2 tailed) < 0,05 maka terdapat pengaruh yang signifikan. Dikarenakan hasil uji independent sampel t-test menunjukan sig (2-tailed) sebesar 0,001 maka dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat pengaruh media pembelajaran animasi menggunakan aplikasi powtoon untuk meningkatkan prestasi belajar siswa mata pelajaran pendidikan agama Islam materi metode dakwah walisongo kelas X di SMK Sabilul Muttaqin Margoagung Sumberrejo.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media pembelajaran animasi, aplikasi powtoon, prestasi belajar |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah dan aktivitasnya; pendidikan khusus > 371.33 Teaching Equipments/Alat Bantu Mengajar, Peralatan Pembelajaran, Perlengkapan Pengajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Maulidatul Wardah |
Date Deposited: | 14 Sep 2024 02:46 |
Last Modified: | 14 Sep 2024 02:46 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor KHUMAINI, FAHMI NIDN2104099007 Thesis advisor MUTHI'UDDIN, AHMAD NIDN0701079402 |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/6732 |