Yulianti, Siti (2024) EFEKTIVITAS PENGGUNAN MEDIA WORDWALL WEB UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM KELAS XIMA ISLAHIYAH KALITIDU BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.
COVER.pdf
Download (90kB)
AWALAN.pdf
Download (825kB)
BAB I.pdf
Download (318kB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (297kB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (351kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (579kB) | Request a copy
BAB V.pdf
Download (131kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (196kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Sejarah Kebudayaan Islam merupakan mata pelajaran yang sulit dipahami oleh siswa, karena pelajaran tersebut yang begitu banyak cerita tentang sejarah sehingga siswa menganggap mata pelajaran sejarah selalu membosankan karena hanya terdapat catatan panjang dan siswa tidak ikut dalam pembelajaran yang aktif, hal tersebut menyebabkan siswa merasa bosan / kelelahan akademik. seseorang lelah fisisk dan emosi karena banyaknya tanggung jawab dan tugas –tugas yang harus diselesaikan dalam kurun waktu yang telah ditetapkan sehingga seseorang tersebut tidak dapat menyelesaikan tugas – tugasnyadengan baik. penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas penggunaan media Wordwall Web untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di kelas XI MA Islahiyah Kalitidu Bojonegoro. Partisispasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI dengan jumlah populasi 65. Penetuan sampel menggunakan rumus Slovin dengan hasil 33 sampel. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode skla motivasi belajar siswa, obsevasi dan dokumentasi. Subyek dalam penelitian ini adalah 33 siswa kelasXI yang terindentivikasi memiliki tikat motivsi belajar siswa yang tinggi. Data penelitian dianalisis menggunakan uji reliabilitas menggunakan nilai alpha cornbach, uji normalitas Kolmogorov-Smirrov dan uji Pairet Sample T-Test dengan bantuan SPSS Versi 2.2. Hasil penelitian ini menunjukkan 0,000 pada motivasi belajar siswa secara keseluruhan, juga memiliki perubahan yang signifikan.pada aspek dorongan kebuthan belajar yang artinya lebih kecil dari 0,05 (sig<0,05) sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan terdapat siswa baik secara keseluruhan ataupun secara sub aspek. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan media Wordwall Web untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kelas XI MA Islahiyah Kalitidu Bojonegoro .
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Wordwall web, Motivasi Belajar Siswa, Sejarah Kebudayaan Islam |
Subjects: | 900 – Sejarah dan Geografi > 900 Sejarah > 908 Sejarah berhubungan dengan sekelompok orang |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Siti Yulianti |
Date Deposited: | 28 Sep 2024 02:15 |
Last Modified: | 28 Sep 2024 02:15 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor BURHANUDDIN, HAMAM NIDN2109028601 Thesis advisor NISA, IDA FAUZIATUN NIDN2124129001 |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/6726 |