KONIVA, DESKIA DWI NUR (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PAYUNG HUJAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR SIMBOLIK ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK DHARMA WANITA NUSA INDAH SAMBONGREJO KABUPATEN BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri Bojonegoro.
1. COVER.pdf
Download (297kB)
2. AWALAN.pdf
Download (1MB)
3. BAB I.pdf
Download (462kB)
4. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (485kB) | Request a copy
5. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (489kB) | Request a copy
6. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
7. BAB V.pdf
Download (259kB)
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (385kB)
9. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (4MB) | Request a copy
Abstract
Masa anak usia dini sangat bernilai serta mendasar selama rentang perkembangan dan pertumbuhan kehidupan kedepannya, anak mulai sensitif untuk menerima berbagai upaya perkembangan seluruh potensi mereka. Oleh sebab itu perlu untuk memberikan rangsangan atau stimulasi pada anak, agar anak dapat mencapai aspek perkembangannya. Salah satu aspek perkembangan anak adalah berpikir Simbolik. Tujuan penelitian yang dilakukan di TK Dharma Wanita Nusa Indah Sambongrejo Kabupaten Bojonegoro untuk mengetahui bagaimana kelayakan media pembelajaran Payung Hujan guna meningkatkan kemampuan berpikir simbolik anak usia 4-5 tahun dan bagaimana penerapan media pembelajaran Payung Hujan terhadap kemampuan berpikir simbolik anak usia 4-5 tahun di TK Dharma Wanita Nusa Indah Sambongrejo Kabupaten Bojonegoro.
Penelitian pengembangan media pembelajaran menggunakan penelitian (Research and Development) dengan model pengembangan ADDIE yang meliputi 5 tahapan yaitu analisis (analysis), desain (design), pengembangan (development), implementasi (implementation). dan evaluasi (evaluation). Dalam penelitian ini, peneliti mengembangkan produk media Payung Hujan untuk meningkatkan kemampuan berpikir Simbolik dengan divalidasi dua validator yakni ahli media dan materi. Indikator kemampuan berpikir simbolik anak usia 4-5 tahun dimulai dari mengenal huruf abjad, mengenal berbagai macam huruf vokal dan konsonan dan menyusun kata.
Hasil kelayakan media oleh ahli media dan ahli materi maka diperoleh hasil bahwa media pembelajaran Payung Hujan sangat layak diimplementasikan kepada anak usia 4-5 tahun untuk menstimualsi kemampuan berpikir simbolik, dengan nilai persentase 90% dari ahli media dan 80% dari ahli materi. Dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran Payung Hujan dapat digunakan untuk menstimulasi kemampuan berpikir simbolik anak.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran, Payung Hujan, Kemampuan Berpikir Simbolik |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah dan aktivitasnya; pendidikan khusus > 371.33 Teaching Equipments/Alat Bantu Mengajar, Peralatan Pembelajaran, Perlengkapan Pengajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | DESKIA DWI NUR KONIVA |
Date Deposited: | 12 Sep 2024 08:03 |
Last Modified: | 12 Sep 2024 08:03 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor Puspitasari, Endang NIDN2109028601 Thesis advisor Kusna, Siti Labiba NIDN2120018702 |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/6708 |