WAHYUNI, SRI (2024) IMPLEMENTASI MEDIA REALIA TERHADAP KEMAMPUAN MELUKIS ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK DHARMA WANITA MOJORANU DESA MOJORANU KECAMATAN DANDER KABUPATEN BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.
Cover.pdf
Download (37kB)
AWALAN.pdf
Download (1MB)
BAB I.pdf
Download (382kB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (262kB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (271kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (325kB) | Request a copy
BAB V.pdf
Download (125kB)
Daftar Pustaka.pdf
Download (186kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (740kB) | Request a copy
Abstract
Media realia merupakan faktor penting dalam peningkatan kualitas pembelajaran. Sehubungan dengan penggunaan media realia dalam proses pembelajaran, tenaga pengajar perlu cermat dalam pemilihan media realia yang akan digunakannya. Kriteria yang perlu diperhatikan yaitu tujuan pembelajaran, keefektifan, karakteristik peserta didik, ketersediaan, kualitas teknis, biaya, fleksibilitas, kemampuan orang yang menggunakannya dan waktu yang tersedia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran menggunakan media realia terhadap kemampuan melukis anak usia 5-6 tahun. Jenis penelitian ini termasuk menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, obsevasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan untuk memeperoleh bukti-bukti yang mendukung dalam pengumpulan data. Hasil penelitian ini adalah implementasi kemampuan media realia terhadap kemampuan melukis anak usia 5-6 tahun antara lain: a.) Mengidentifikasi kebutuhan pembelajaran anak serta potensi media realia dalam meningkatkan keterampilan melukis mereka, b.) Guru-guru menyusun program pembelajaran yang sistematis, tujuan pembelajaran, metode, serta media yang diperlukan, c.) menyiapkan media yang nyata dan menarik bagi anak. Adapun pelaksanaan dan evaluasi implementasi media realia terhadap kemampuan melukis anak usia 5-6 tahun yang dilakukan dengan penuh perhatian terhadap perkembangan individu a.) anak mengamati dan berinteraksi pada objek, b. Guru memberikan bimbingan, c.) observasi secara continue, d.) evaluasi pelaksanaan pembelajaan dengan media realia.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Realia, Kemampuan Melukis, Pendidikan Anak Usia Dini |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar 700 - Seni dan Rekreasi > 750 Seni lukis > 751 Teknik seni lukis, peralatan, bahan, dan formulir |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | Sri Wahyuni |
Date Deposited: | 09 Sep 2024 02:39 |
Last Modified: | 09 Sep 2024 02:39 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor FIKRI, MOHAMMAD TSAQIBUL NIDN201703179 Thesis advisor NI’MAH, ROUDLOTUN NIDN2125068202 |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/6684 |