IMPLEMENTASI MEDIA REALIA TERHADAP KEMAMPUAN MELUKIS ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK DHARMA WANITA MOJORANU DESA MOJORANU KECAMATAN DANDER KABUPATEN BOJONEGORO

WAHYUNI, SRI (2024) IMPLEMENTASI MEDIA REALIA TERHADAP KEMAMPUAN MELUKIS ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK DHARMA WANITA MOJORANU DESA MOJORANU KECAMATAN DANDER KABUPATEN BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of Cover.pdf] Text
Cover.pdf

Download (37kB)
[thumbnail of AWALAN.pdf] Text
AWALAN.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (382kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (262kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (271kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (325kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (125kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (186kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (740kB) | Request a copy

Abstract

Media realia merupakan faktor penting dalam peningkatan kualitas pembelajaran. Sehubungan dengan penggunaan media realia dalam proses pembelajaran, tenaga pengajar perlu cermat dalam pemilihan media realia yang akan digunakannya. Kriteria yang perlu diperhatikan yaitu tujuan pembelajaran, keefektifan, karakteristik peserta didik, ketersediaan, kualitas teknis, biaya, fleksibilitas, kemampuan orang yang menggunakannya dan waktu yang tersedia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran menggunakan media realia terhadap kemampuan melukis anak usia 5-6 tahun. Jenis penelitian ini termasuk menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, obsevasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan untuk memeperoleh bukti-bukti yang mendukung dalam pengumpulan data. Hasil penelitian ini adalah implementasi kemampuan media realia terhadap kemampuan melukis anak usia 5-6 tahun antara lain: a.) Mengidentifikasi kebutuhan pembelajaran anak serta potensi media realia dalam meningkatkan keterampilan melukis mereka, b.) Guru-guru menyusun program pembelajaran yang sistematis, tujuan pembelajaran, metode, serta media yang diperlukan, c.) menyiapkan media yang nyata dan menarik bagi anak. Adapun pelaksanaan dan evaluasi implementasi media realia terhadap kemampuan melukis anak usia 5-6 tahun yang dilakukan dengan penuh perhatian terhadap perkembangan individu a.) anak mengamati dan berinteraksi pada objek, b. Guru memberikan bimbingan, c.) observasi secara continue, d.) evaluasi pelaksanaan pembelajaan dengan media realia.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Media Realia, Kemampuan Melukis, Pendidikan Anak Usia Dini
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
700 - Seni dan Rekreasi > 750 Seni lukis > 751 Teknik seni lukis, peralatan, bahan, dan formulir
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Sri Wahyuni
Date Deposited: 09 Sep 2024 02:39
Last Modified: 09 Sep 2024 02:39
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
FIKRI, MOHAMMAD TSAQIBUL
NIDN201703179
Thesis advisor
NI’MAH, ROUDLOTUN
NIDN2125068202
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/6684

Actions (login required)

View Item
View Item