IMPLEMENTASI METODE QUANTUM TEACHING MELALUI PEMBELAJARAN BERMAIN PERAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK MATERI RIYA’ KELAS VII MTs ASSALAM BANGILAN TUBAN

HIDAYAT, MUHAMMAD TAUFIQ (2024) IMPLEMENTASI METODE QUANTUM TEACHING MELALUI PEMBELAJARAN BERMAIN PERAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK MATERI RIYA’ KELAS VII MTs ASSALAM BANGILAN TUBAN. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (120kB)
[thumbnail of Awalan.pdf] Text
Awalan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB 1.pdf] Text
BAB 1.pdf

Download (539kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (666kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (487kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (597kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V-1.pdf] Text
BAB V-1.pdf

Download (411kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (529kB)
[thumbnail of LAMPIRAN LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Metode Quantum Teaching melalui model pembelajaran bermain peran merupakan metode dan model pembelajaran yang digunakan untuk meningkatkan keaktifan siswa mata pelajaran akidah akhlak materi riya’ di MTs ASSALAM Bangilan Tuban. Model pembelajaran ini dipakai karena metode dan model pembelajaran ini bisa meningkatkan keaktifan siswa di dalam kelas pembelajaran. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi metode Quantum Teaching melalui pembelajaran bermain peran untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam mata pelajaran akidah akhlak di kelas VII MTsASSALAM Bangilan. Dalam penelitian ini data yang diperoleh peneliti dari data primer. Pengumpulan data yang dilakukan yaitu dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan yaitu dengan cara pengumpulan data, reduksi data, serta menarik kesimpulan. Implementasi Pembelajaran Metode Quantum Teaching Melalui Bermain Peran Mata Pelajaran Akidah Akhlak Materi Riya’ Di Kelas VII Mts Assalam Bangilan Tuban ada tiga tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Dalam hal ini tahap perencanaan yang di laksanakan di MTs Assalam Bangilan. Tahap Pelaksanaan berjalan sesuai dengan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Yang dibuat oleh guru. Tahap evaluasi yang di laksanakan di MTs ASSALAM Bangilan yaitu dengan mencatat dan mengenali para siswa yang dalam kategori pasif dalam belajar. Faktor pendukung dan penghambat pembelajaran ini adalah ruang kelas yang luas dan nyaman untuk pelaksanaan kegiatan pembelajaran, guru memiliki wawasan luas dan penguasaan yang matang terhadap materi. Sementara faktor penghambatnya adalah kurangnya alokasi waktu yang diberikan dalam pembelajaran ini.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Quantum teaching, implementasi, Model Pembelajaran Bermain Peran
Subjects: 200 – Agama > 200 Agama > 204 Pengalaman religius, kehidupan dan praktik
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muhammad Taufiq Hidayat
Date Deposited: 09 Sep 2024 01:43
Last Modified: 09 Sep 2024 01:43
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
NIHAYAH, HAMIDATUN
NIDN2124028403
Thesis advisor
ROZI, FAHRU
NIDN2125048401
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/6681

Actions (login required)

View Item
View Item