HIDAYAT, MUHAMMAD TAUFIQ (2024) IMPLEMENTASI METODE QUANTUM TEACHING MELALUI PEMBELAJARAN BERMAIN PERAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK MATERI RIYA’ KELAS VII MTs ASSALAM BANGILAN TUBAN. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.
COVER.pdf
Download (120kB)
Awalan.pdf
Download (1MB)
BAB 1.pdf
Download (539kB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (666kB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (487kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (597kB) | Request a copy
BAB V-1.pdf
Download (411kB)
Daftar Pustaka.pdf
Download (529kB)
LAMPIRAN LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Metode Quantum Teaching melalui model pembelajaran bermain peran merupakan metode dan model pembelajaran yang digunakan untuk meningkatkan keaktifan siswa mata pelajaran akidah akhlak materi riya’ di MTs ASSALAM Bangilan Tuban. Model pembelajaran ini dipakai karena metode dan model pembelajaran ini bisa meningkatkan keaktifan siswa di dalam kelas pembelajaran. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi metode Quantum Teaching melalui pembelajaran bermain peran untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam mata pelajaran akidah akhlak di kelas VII MTsASSALAM Bangilan. Dalam penelitian ini data yang diperoleh peneliti dari data primer. Pengumpulan data yang dilakukan yaitu dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan yaitu dengan cara pengumpulan data, reduksi data, serta menarik kesimpulan. Implementasi Pembelajaran Metode Quantum Teaching Melalui Bermain Peran Mata Pelajaran Akidah Akhlak Materi Riya’ Di Kelas VII Mts Assalam Bangilan Tuban ada tiga tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Dalam hal ini tahap perencanaan yang di laksanakan di MTs Assalam Bangilan. Tahap Pelaksanaan berjalan sesuai dengan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Yang dibuat oleh guru. Tahap evaluasi yang di laksanakan di MTs ASSALAM Bangilan yaitu dengan mencatat dan mengenali para siswa yang dalam kategori pasif dalam belajar. Faktor pendukung dan penghambat pembelajaran ini adalah ruang kelas yang luas dan nyaman untuk pelaksanaan kegiatan pembelajaran, guru memiliki wawasan luas dan penguasaan yang matang terhadap materi. Sementara faktor penghambatnya adalah kurangnya alokasi waktu yang diberikan dalam pembelajaran ini.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Quantum teaching, implementasi, Model Pembelajaran Bermain Peran |
Subjects: | 200 – Agama > 200 Agama > 204 Pengalaman religius, kehidupan dan praktik |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Muhammad Taufiq Hidayat |
Date Deposited: | 09 Sep 2024 01:43 |
Last Modified: | 09 Sep 2024 01:43 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor NIHAYAH, HAMIDATUN NIDN2124028403 Thesis advisor ROZI, FAHRU NIDN2125048401 |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/6681 |