PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) MELALUI CANVA PADA MATA PELAJARAN FIKIH MATERI TRANSAKSI JUAL BELI KELAS X DI MA SYI’AR ISLAM RENGEL TUBAN

KHASANAH, UMI (2024) PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) MELALUI CANVA PADA MATA PELAJARAN FIKIH MATERI TRANSAKSI JUAL BELI KELAS X DI MA SYI’AR ISLAM RENGEL TUBAN. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of Cover.pdf] Text
Cover.pdf

Download (769kB)
[thumbnail of Awalan.pdf] Text
Awalan.pdf

Download (4MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Media pembelajaran merupakan alat bantu dalam proses belajar mengajar. Media ini berperan penting dalam menyampaikan pesan atau informasi kepada siswa. Namun ditemukan permasalahan terkait belum adanya pemanfaatan media pembelajaran, kejenuhan dalam belajar dan siswa kurang aktif ketika pembelajaran, serta proses pembelajaran yang monoton dalam penyampaiannya hanya bersumber dari buku LKS. Untuk mengatasi permasalahan ini, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menguji kelayakan E-LKPD berbasis Problem based learning (PBL) melalui canva pada mata pelajaran fikih materi transaksi jual beli kelas X di MA Syi''ar Islam Rengel Tuban.
Penelitian ini menggunakan penelitian R&D model 4D yang telah dimodifikasi menjadi 4 tahap yaitu: Define (Perencanaan), Design (perencanaan), Development (pengembangan) dan Dissminate (penyebaran). Metode pengumpulan data yang digunakan mencangkup observasi, wawancara, dan penggunaan angket validasi, yaitu ahli materi dan ahli media. Data validasi, keterbacaan dan kepraktisan dianalisis dengan menghitung rata-rata dari masing-masing penilaian. Objek penelitian ini adalah media pembelajaran E-LKPD berbasis PBL melalui canva yang berkaitan dengan pelajaran fikih materi transaksi jual beli untuk siswa kelas X di MA Syi’ar Islam Rengel Tuban.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat diketahui bahwa dalam proses validasi validasi E-LKPD berbasis PBL melalui canva dari ahli serta siswa, Aspek kelayakan desain memperoleh rata-rata persentase sebesar 89,2% dengan kriteria “sangat valid”, serta aspek kesesuaian materi diperoleh rata-rata persentase sebesar 87,5% dengan kriteria “sangat valid”, pada aspek kepraktisan dari uji coba siswa kelompok kecil dan kelompok besar diperoleh rata-rata persentase sebesar 85,6% dengan kriteria “sangat praktis”. Selain itu, hasil uji keterbacaan berdasarkan penilaian pada ahli media, ahli materi dan angket respon siswa diperoleh rata-rata persentase sebesar 86% dengan kriteria “sangat valid”. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa E-LKPD Berbasis PBL Melalui Canva Pada Mata Pelajaran Fikih Materi Transaksi Jual Beli Kelas X Di MA Syi’ar Islam Rengel Tuban sangat layak untuk digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Fikih, E-LKPD berbasis PBL melalui canva , transaksi jual beli
Subjects: 200 – Agama > 200 Agama > 200 Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: UMI KHASANAH
Date Deposited: 07 Sep 2024 06:38
Last Modified: 07 Sep 2024 06:38
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
MIFTAH, ZAINI
NIDN2101067901
Thesis advisor
KHUMAINI, FAHMI
NIDN2104099007
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/6663

Actions (login required)

View Item
View Item