MASYHUROH, MASYHUROH (2024) UPAYA GURU MENANAMKAN LITERASI FINANSIAL UNTUK MEMBENTUK TANGGUNG JAWAB ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK MEKAR SARI DESA MOJOSARI KECAMATAN KEPOHBARU KABUPATEN BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.
COVER.pdf
Download (368kB)
AWALAN.pdf
Download (1MB)
BAB I.pdf
Download (574kB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (594kB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (496kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (556kB) | Request a copy
BAB V.pdf
Download (471kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (498kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Literasi finansial merupakan pengetahuan dan keterampilan untuk mengelola aset keuangan yang dimiliki anak. Pentingnya literasi finansial pada anak usia dini bertujuan untuk memperkenalkan dasar pengetahuan tentang nilai uang, membentuk kebiasaan positif sejak dini dan mengajarkan anak mengelola keuangan. Penelitian ini bertujuan: (1) untuk mendeskripsikan upaya guru menanamkan literasi finansial untuk membentuk tanggung jawab anak usia 5-6 tahun di TK Mekar sari (2) untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat penanaman literasi finansial untuk membentuk tanggung jawab anak usia 5-6 tahun di TK Mekar sari.
Dalam melakukan penelitian ini peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis deskriptif. Pengambilan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara dan dokumentasi di TK Mekar sari desa mojosari kecamatan kepohbaru kabupaten bojonegoro. Teknik penganalisan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian dalam upaya guru menanamkan literasi finansial untuk membentuk tanggung jawab anak usia 5-6 tahun di TK Mekar Sari melalui berbagai kegiatan diantaranya menabung, pengadaan infak dan program kantinku. Adapun faktor pendukung diantaranya (1) adanya motivasi pada diri anak untuk mendapatkan penghargaan (reward), (2) adanya pengawasan secara kontinu oleh guru pendamping. Sedangkan faktor penghambat diantaranya (1) belum adanya aplikasi khusus deteksi kalkulasi jajan anak, (2) sebagian orang tua masih ada yang memberikan uang jajan lebih pada anak.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Literasi finansial, Tanggung jawab, Anak usia dini. |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan > 370.114 Ethical Education, Character Education/Etika Pendidikan, Pendidikan Karakter |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | MASY HUROH |
Date Deposited: | 07 Sep 2024 02:03 |
Last Modified: | 07 Sep 2024 02:03 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor ULFA, ULFA NIDN2121067401 Thesis advisor NI'MAH, ROUDLOTUN NIDN2125068202 |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/6661 |