UPAYA GURU MENANAMKAN LITERASI FINANSIAL UNTUK MEMBENTUK TANGGUNG JAWAB ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK MEKAR SARI DESA MOJOSARI KECAMATAN KEPOHBARU KABUPATEN BOJONEGORO

MASYHUROH, MASYHUROH (2024) UPAYA GURU MENANAMKAN LITERASI FINANSIAL UNTUK MEMBENTUK TANGGUNG JAWAB ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK MEKAR SARI DESA MOJOSARI KECAMATAN KEPOHBARU KABUPATEN BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (368kB)
[thumbnail of AWALAN.pdf] Text
AWALAN.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (574kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (594kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (496kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (556kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (471kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (498kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Literasi finansial merupakan pengetahuan dan keterampilan untuk mengelola aset keuangan yang dimiliki anak. Pentingnya literasi finansial pada anak usia dini bertujuan untuk memperkenalkan dasar pengetahuan tentang nilai uang, membentuk kebiasaan positif sejak dini dan mengajarkan anak mengelola keuangan. Penelitian ini bertujuan: (1) untuk mendeskripsikan upaya guru menanamkan literasi finansial untuk membentuk tanggung jawab anak usia 5-6 tahun di TK Mekar sari (2) untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat penanaman literasi finansial untuk membentuk tanggung jawab anak usia 5-6 tahun di TK Mekar sari.
Dalam melakukan penelitian ini peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis deskriptif. Pengambilan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara dan dokumentasi di TK Mekar sari desa mojosari kecamatan kepohbaru kabupaten bojonegoro. Teknik penganalisan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian dalam upaya guru menanamkan literasi finansial untuk membentuk tanggung jawab anak usia 5-6 tahun di TK Mekar Sari melalui berbagai kegiatan diantaranya menabung, pengadaan infak dan program kantinku. Adapun faktor pendukung diantaranya (1) adanya motivasi pada diri anak untuk mendapatkan penghargaan (reward), (2) adanya pengawasan secara kontinu oleh guru pendamping. Sedangkan faktor penghambat diantaranya (1) belum adanya aplikasi khusus deteksi kalkulasi jajan anak, (2) sebagian orang tua masih ada yang memberikan uang jajan lebih pada anak.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Literasi finansial, Tanggung jawab, Anak usia dini.
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan > 370.114 Ethical Education, Character Education/Etika Pendidikan, Pendidikan Karakter
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: MASY HUROH
Date Deposited: 07 Sep 2024 02:03
Last Modified: 07 Sep 2024 02:03
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
ULFA, ULFA
NIDN2121067401
Thesis advisor
NI'MAH, ROUDLOTUN
NIDN2125068202
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/6661

Actions (login required)

View Item
View Item