WULANDARI, YULIA PUTRI (2024) PENERAPAN TEKNIK BIBLIO KONSELING DENGAN BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SMA DARUL ULUM KEPOHBARU. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.
COVER.pdf
Download (39kB)
AWALAN.pdf
Download (1MB)
BAB I.pdf
Download (487kB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (657kB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (583kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (800kB) | Request a copy
BAB V.pdf
Download (412kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (489kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (5MB) | Request a copy
Abstract
Motivasi belajar adalah dorongan yang berasal dari dalam diri siswa yang mengarahkan, menggerakkan, dan mempertahankan perilaku belajar mereka. Aspek motivasi belajar ada keterlibatan aktif, ketekunan, tujuan belajar yang jelas. Berprestasi, dan penghargaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan teknik biblio konseling dengan bimbingan kelompok untuk meningkatkan motivasi belajar siswa SMA Darul Ulum Kepohbaru. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif, dengan desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre experimental dengan one group pretest-posttest design, dalam penelitian ini memperoleh data atau gambaran dilapangan tentang penerapan teknik biblio konseling dengan bimbingan kelompok untuk meningkatkan motivasi belajar siswa, sedangkan teknik pengumpulan data yang peneliti gunakan yaitu observasi, wawancara, angket motivasi belajar dan dokumentasi. Adapun hasil yang diperoleh adalah hasil analisis data pre test dengan hasil presentase sebesar 64,164% dengan kategori rendah. Setelah mendapatkan treatment atau data post test dengan nilai presentase rata – rata meningkat menjadi 87,524% dengan kategori tinggi, sehingga nampak perbedaan nilai sebelum dan sesudah di berikan treatment yaitu sebesar 23,36%. Berdasarkan hasil uji normalitas mendapatkan nilai signifikasi sebesar 0,595 yang berarti bahwa nilai signifikasi lebih dari 0,05 maka variabel yang diteliti terdistribusi normal. Berdasarkan hasil uji paired sampel t test di atas diketahui nilai sig 0,00 artinya pada hasil tersebut kurang dari 0,05 maka dapat dinyatakan terdapat perbedaan yang signifikan setelah dilakukannya Bimbingan kelompok dengan teknik biblio konseling. Hasil uji homogenitas di atas diketahui nilai yang diperoleh dari adanya pre-test dan post-test setelah diberikan treatment memiliki nilai 0,323. Maka dapat di artikan bahwa populasi dari kelas tersebut memiliki variansi yang homogen dan bias dikatakan homogen.