PENERAPAN TEKNIK BIBLIO KONSELING DENGAN BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SMA DARUL ULUM KEPOHBARU

WULANDARI, YULIA PUTRI (2024) PENERAPAN TEKNIK BIBLIO KONSELING DENGAN BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SMA DARUL ULUM KEPOHBARU. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (39kB)
[thumbnail of AWALAN.pdf] Text
AWALAN.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (487kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (657kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (583kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (800kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (412kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (489kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Motivasi belajar adalah dorongan yang berasal dari dalam diri siswa yang mengarahkan, menggerakkan, dan mempertahankan perilaku belajar mereka. Aspek motivasi belajar ada keterlibatan aktif, ketekunan, tujuan belajar yang jelas. Berprestasi, dan penghargaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan teknik biblio konseling dengan bimbingan kelompok untuk meningkatkan motivasi belajar siswa SMA Darul Ulum Kepohbaru. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif, dengan desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre experimental dengan one group pretest-posttest design, dalam penelitian ini memperoleh data atau gambaran dilapangan tentang penerapan teknik biblio konseling dengan bimbingan kelompok untuk meningkatkan motivasi belajar siswa, sedangkan teknik pengumpulan data yang peneliti gunakan yaitu observasi, wawancara, angket motivasi belajar dan dokumentasi. Adapun hasil yang diperoleh adalah hasil analisis data pre test dengan hasil presentase sebesar 64,164% dengan kategori rendah. Setelah mendapatkan treatment atau data post test dengan nilai presentase rata – rata meningkat menjadi 87,524% dengan kategori tinggi, sehingga nampak perbedaan nilai sebelum dan sesudah di berikan treatment yaitu sebesar 23,36%. Berdasarkan hasil uji normalitas mendapatkan nilai signifikasi sebesar 0,595 yang berarti bahwa nilai signifikasi lebih dari 0,05 maka variabel yang diteliti terdistribusi normal. Berdasarkan hasil uji paired sampel t test di atas diketahui nilai sig 0,00 artinya pada hasil tersebut kurang dari 0,05 maka dapat dinyatakan terdapat perbedaan yang signifikan setelah dilakukannya Bimbingan kelompok dengan teknik biblio konseling. Hasil uji homogenitas di atas diketahui nilai yang diperoleh dari adanya pre-test dan post-test setelah diberikan treatment memiliki nilai 0,323. Maka dapat di artikan bahwa populasi dari kelas tersebut memiliki variansi yang homogen dan bias dikatakan homogen.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Biblio Konseling, Motivasi Belajar Siswa
Subjects: 100 - Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi (ilmu jiwa) > 153 Proses mental dan kecerdasan
100 - Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi (ilmu jiwa) > 153 Proses mental dan kecerdasan > 153.1533 Interest and Enthusiasm/Minat dan Antusiasme Belajar
100 - Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi (ilmu jiwa) > 154 Psikologi bawah sadar
100 - Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi (ilmu jiwa) > 156 Psikologi perbandingan
100 - Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi (ilmu jiwa) > 158 Psikologi terapan
100 - Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi (ilmu jiwa) > 158 Psikologi terapan > 158.3 Counseling/Psikologi Konseling, Penyuluhan, Pemberian Nasihat
100 - Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi (ilmu jiwa) > 158 Psikologi terapan > 158.4 Leadership/Kepemimpinan yang Berkaitan dengan Psikologi, Psikologi Kepemimpinan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan Konseling
Depositing User: Yulia Putri Wulandari
Date Deposited: 06 Sep 2024 01:33
Last Modified: 06 Sep 2024 01:33
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
Novitasari, Zeti
NIDN0711118702
Thesis advisor
Cahyaningrum, Vesti Dwi
NIDN0715049401
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/6659

Actions (login required)

View Item
View Item