SETIANI, DEWI TRISTYA (2021) IMPLEMENTASI METODE HYPNOSIS LEARNING DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR DI TAMAN PENDIDIKAN QUR’AN IFADATUT THOLIBIN KALITIDU BOJONEGORO. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.
0. COVER.pdf
Download (279kB)
AWALAN.pdf
Download (1MB)
BAB I - Pendahuluan(Fiks).pdf
Download (832kB)
BAB II - Kajian Pustaka(Fiks).pdf
Restricted to Registered users only
Download (884kB) | Request a copy
BAB III - Metode Penelitian(Fiks).pdf
Restricted to Registered users only
Download (584kB) | Request a copy
BAB IV - Hasil Penelitian(Fiks).pdf
Restricted to Registered users only
Download (863kB) | Request a copy
BAB V - Penutup.pdf
Download (542kB)
DAFTAR PUSTAKA 1-5_1.pdf
Download (437kB)
Lampiran 2.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Metode Hypnosis Learning merupakan sebuah pembelajaran yang dirancang dengan menciptakan situasi yang nyaman dan menyenangkan dalam lingkungan terkendali untuk dapat masuk ke pikiran bawah sadar. Metode tersebut mengatasi berbagai problem belajar yang dialami oleh anak didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Bagaimana Implementasi Metode Hypnosis Learning Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Di TPQ Ifadatut Tholibin Leran Kalitidu. (2) Apa saja faktor penghambat dan faktor pendukung Implementasi Metode Hypnosis Learning Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Di TPQ Ifadatut Tholibin Leran Kalitidu. Untuk mencapai tujuan diatas, digunakan jenis penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Untuk mengimplementasikan metode Hypnosis Learning di TPQ Ifadatut Tholibin, Ustadz/Ustadzah melakukan tahaptahap sebagai berikut: Pertama, persiapan (alokasi waktu: 5-10%). Kedua, presentasi (alokasi waktu: 60%). Ketiga, praktik (alokasi waktu: 30%). Keempat, Evaluasi. (2) faktor penghambatnya yaitu Santri kelas awal masih susah diatur untuk diam sejenak memperhatikan apa yang disampaikan oleh ustadzustadzahnya. Dan yang menjadi faktor pendukungnya yaitu santri-santri sangat berantusias ketika penerapan Hypnosis Learning sedang diimplementasikan oleh ustadz-ustadzahnya. Hasil penelitian di lapangan menunjukkan bahwa penerapan metode hypnosis learning dapat membantu mengatasi kesulitan belajar yang dialami oleh santri TPQ Ifadatut Tholibin, meskipun metode ini tergolong baru dan masih jarang diterapkan di Indonesia.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Hypnosis Learning, Kesulitan Belajar, Taman Pendidikan al-Qur’an |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah dan aktivitasnya; pendidikan khusus |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Perpustakaan Pusat Admin |
Date Deposited: | 16 Apr 2022 04:26 |
Last Modified: | 16 Apr 2022 04:26 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor FAHMAN, MUNDZAR UNSPECIFIED Thesis advisor NISA’, IDA FAUZIATUN UNSPECIFIED |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/663 |