ISTIQOMAH, ZURIN NUR (2024) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI PADA MATA PELAJARAN FIKIH KELAS VIII. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.
cover.pdf
Download (434kB)
awalan.pdf
Download (1MB)
BAB I.pdf
Download (589kB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (586kB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (473kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (745kB) | Request a copy
BAB V.pdf
Download (375kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (447kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (974kB) | Request a copy
Abstract
Dalam proses pembelajaran, guru dapat memilih model pembelajaran yang sesuai dengan kondisi peserta didik agar terciptanya lingkungan belajar yang efektif dan menyenangkan. Model pembelajaran akan bermanfaat bagi guru dan juga peserta didik karena dapat memudahkan guru dalam mengajar dan menyampaikan materinya. Salah satu model pembelajaran yang dapat diterapkan yaitu model pembelajaran berdiferensiasi. Model pembelajaran berdiferensiasi merupakan model pembelajaran yang mengakomodir, menuntun, dan menghargai keberagaman peserta didik dalam belajar sesuai dengan kesiapan, minat, dan profil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis implementasi model pembelajaran berdiferensiasi pada mata pelajaran Fikih Kelas VIII Di MTs Al-Amiriyah Belun Temayang. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian kualitatif. Dalam mengumpulkan data, peneliti menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan metode untuk menganalisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan Implementasi pembelajaran Berdiferensiasi Pada Mata Pelajaran Fikih Kelas VIII Di MTs Al – Amiriyah Belun Temayang Bojonegoro. Dilaksanakan dengan tiga tahapan yaitu tahap persiapan, guru memiliki peran sebagai perancang, fasilitator dan motivator. Selanjutnya tahap pelaksanaan terbagi menjadi 3 kegiatan yaitu kegiatan pendahuluan, inti dan penutup. Tahap terakhir yaitu tahap evaluasi yang dilakukan dengan asesmen formatif dan sumatif
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Implementasi, Berdiferensiasi, Mata pelajaran Fikih |
Subjects: | 200 – Agama > 200 Agama > 200 Agama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Zurin Nur Istiqomah |
Date Deposited: | 02 Sep 2024 05:23 |
Last Modified: | 02 Sep 2024 05:23 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor Ma’arif, Jauharul NIDN2128097201 Thesis advisor Aziz, Su'udzin NIDN2121128602 |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/6620 |