IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI PADA MATA PELAJARAN FIKIH KELAS VIII

ISTIQOMAH, ZURIN NUR (2024) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI PADA MATA PELAJARAN FIKIH KELAS VIII. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of cover.pdf] Text
cover.pdf

Download (434kB)
[thumbnail of awalan.pdf] Text
awalan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (589kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (586kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (473kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (745kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (375kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (447kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (974kB) | Request a copy

Abstract

Dalam proses pembelajaran, guru dapat memilih model pembelajaran yang sesuai dengan kondisi peserta didik agar terciptanya lingkungan belajar yang efektif dan menyenangkan. Model pembelajaran akan bermanfaat bagi guru dan juga peserta didik karena dapat memudahkan guru dalam mengajar dan menyampaikan materinya. Salah satu model pembelajaran yang dapat diterapkan yaitu model pembelajaran berdiferensiasi. Model pembelajaran berdiferensiasi merupakan model pembelajaran yang mengakomodir, menuntun, dan menghargai keberagaman peserta didik dalam belajar sesuai dengan kesiapan, minat, dan profil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis implementasi model pembelajaran berdiferensiasi pada mata pelajaran Fikih Kelas VIII Di MTs Al-Amiriyah Belun Temayang. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian kualitatif. Dalam mengumpulkan data, peneliti menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan metode untuk menganalisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan Implementasi pembelajaran Berdiferensiasi Pada Mata Pelajaran Fikih Kelas VIII Di MTs Al – Amiriyah Belun Temayang Bojonegoro. Dilaksanakan dengan tiga tahapan yaitu tahap persiapan, guru memiliki peran sebagai perancang, fasilitator dan motivator. Selanjutnya tahap pelaksanaan terbagi menjadi 3 kegiatan yaitu kegiatan pendahuluan, inti dan penutup. Tahap terakhir yaitu tahap evaluasi yang dilakukan dengan asesmen formatif dan sumatif

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Berdiferensiasi, Mata pelajaran Fikih
Subjects: 200 – Agama > 200 Agama > 200 Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Zurin Nur Istiqomah
Date Deposited: 02 Sep 2024 05:23
Last Modified: 02 Sep 2024 05:23
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
Ma’arif, Jauharul
NIDN2128097201
Thesis advisor
Aziz, Su'udzin
NIDN2121128602
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/6620

Actions (login required)

View Item
View Item