EFEKTIVITAS KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK COGNITIVE RESTRUCTURING UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA DI SMP AL-HADAD SINGGAHAN

SUNARTI (2024) EFEKTIVITAS KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK COGNITIVE RESTRUCTURING UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA DI SMP AL-HADAD SINGGAHAN. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of COVER (1).pdf] Text
COVER (1).pdf

Download (48kB)
[thumbnail of AWALAN..pdf] Text
AWALAN..pdf

Download (773kB)
[thumbnail of BAB I (1).pdf] Text
BAB I (1).pdf

Download (482kB)
[thumbnail of BAB II (1).pdf] Text
BAB II (1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (739kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III (1).pdf] Text
BAB III (1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (611kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV (1).pdf] Text
BAB IV (1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (656kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V (1).pdf] Text
BAB V (1).pdf

Download (239kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA (1).pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA (1).pdf

Download (486kB)
[thumbnail of LAMPIRAN (1).pdf] Text
LAMPIRAN (1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Minat belajar adalah kecenderungan dan kegairahan yang tinggi atau keinginan keinginan yang besar terhadap sesuatu. Minat belajar yang tinggi cenderung menghasilkan prestasi belajar yang tinggi, dan sebaliknya jika minat belajar siswa rendah maka akan menghasilkan prestasi yang rendah pula. Terdapat 4 Indikator dalam minat belajar yaitu 1. Ketertarikan siswa terhadap belajar 2. Pemusatan perhatian siswa terhadap belajar 3. Adanya keterlibatan siswa terhadap belajar 4. Memiliki perasaan senang dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran dari tinggi rendahnya minat belajar siswa SMP AL-Hadad Singgahan serta efektivitas konseling kelompok dengan teknik Cognitive Restructuring untuk meningkatkan Minat Belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode atau jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan rancangan penelitian pre-eksperimen design dengan bentuk design one-group pretest-posttest design. Dengan teknik sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Dimana pada penelitian ini melibatkan 7 responden sebagai sampel dari 95 responden yang dilakukan pada siswa kelas VIII SMP AL-Hadad Singgahan. Hasil uji oleh ahli dan praktisi menyatakan bahwa model memenuhi kriteria keilmuan bimbingan dan konseling dan dapat diterima oleh guru bimbingan konseling. Hasil uji coba kepada siswa diketahui bahwa efektivitas konseling kelompok dengan teknik Cognitive Restructuring untuk meningkatkan minat belajar siswa Di SMP AL-Hadad Singgahan meningkat dengan hasil pretest : 95 dan posttest 170, Teknik Analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Uji validitas, Uji Reliabilitas, Uji Normalitas dan Uji Paired Test/ Uji T. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan bagi peneliti selanjutnya untuk mengembangkan model dengan menggunakan sasaran lebih luas dan jenjang pendidikan yang lainnya, sehingga dapat diketahui hasil penelitian lebih luas serta digunakan ke jenjang pendidikan lainnya.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Konseling Kelompok, Cognitive Restructuring, Minat Belajar
Subjects: 100 - Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi (ilmu jiwa) > 158 Psikologi terapan > 158.3 Counseling/Psikologi Konseling, Penyuluhan, Pemberian Nasihat
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bimbingan Konseling
Depositing User: Sunarti Narti
Date Deposited: 30 Aug 2024 04:28
Last Modified: 30 Aug 2024 04:28
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
Srianturi, Yanuari
NIDN0717019401
Thesis advisor
Distira, Riski Putra Ayu
NIDN0702019301
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/6594

Actions (login required)

View Item
View Item