HARIYATI, DIAH NUR (2024) MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN DAN SIKAP KEAGAMAAN SISWA PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK KELAS X DI MA SYIAR ISLAM MAIBIT TUBAN. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama' Sunan Giri.
COVER.pdf
Download (559kB)
AWALAN.pdf
Download (995kB)
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only
Download (836kB) | Request a copy
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (647kB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (614kB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (794kB) | Request a copy
BAB V.pdf
Download (475kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (702kB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
Model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) secara umum, yaitu suatu model pembelajaran dimana peserta didik belajar dan bekerja sama dalam kelompok kecil yang secara kolaboratif anggotanya 4-5 orang dengan struktur kelompok heterogen. Pembelajaran tipe Student Teams Achievement Division (STAD) terdiri atas indikator utama yaitu menyampaikan tujuan dan memotivasi peserta didik, presentasi kelas, kerja kelompok, membimbing kelompok belajar, kuis, skor kemajuan individual, dan rekognisi (penghargaan) kelompok. Tujuan penelitian ini yaitu; 1) Untuk mengetahui konsep pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) dalam meningkatkan pemahaman dan sikap keagamaan siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas X di MA Syiar Islam Maibit Tuban, dan, 2) Untuk mengetahui penerapan pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) dalam meningkatkan pemahaman dan sikap keagamaan siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas X di MA Syiar Islam Maibit Tuban. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskripstif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model interaktif Miles Huberman yang terdiri dari Reduksi Data, Penyajian Data dan Penarikan Kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Dalam penelitian ini yang menjadi data utama adalah wawancara dengan waka kesiswaan, guru aqidah akhlak dan peserta didik kelas X IPAS MA Syiar Islam Maibit Tuban. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa 1) perencanaan pembelajaran dengan membuat rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) dan mempersiapkan penunjang pembelajaran seperti materi, pembagian kelompok, membuat kuis atau soal. 2) Penerapan model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) yang dilakukan guru yaitu menggunakan enam sintaks yaitu; Menyampaikan tujuan dan memotivasi siswa, Menyajikan/menyampaikan informasi, Mengorganisasikan siswa dalam kelompok-kelompok belajar, Membimbing kelompok bekerja dan belajar, Evaluasi, dan Memberikan penghargaan.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD), Pemahaman, sikap keagamaan. |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah dan aktivitasnya; pendidikan khusus |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | DIAH NUR HARIYATI |
Date Deposited: | 24 Aug 2024 07:22 |
Last Modified: | 24 Aug 2024 07:22 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor MINARTI, SRI NIDN2110027101 Thesis advisor FAIZAH, ZUMROTUL NIDN2112119203 |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/6549 |