MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN DAN SIKAP KEAGAMAAN SISWA PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK KELAS X DI MA SYIAR ISLAM MAIBIT TUBAN

HARIYATI, DIAH NUR (2024) MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN DAN SIKAP KEAGAMAAN SISWA PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK KELAS X DI MA SYIAR ISLAM MAIBIT TUBAN. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama' Sunan Giri.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (559kB)
[thumbnail of AWALAN.pdf] Text
AWALAN.pdf

Download (995kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (836kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (647kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (614kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (794kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (475kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (702kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) secara umum, yaitu suatu model pembelajaran dimana peserta didik belajar dan bekerja sama dalam kelompok kecil yang secara kolaboratif anggotanya 4-5 orang dengan struktur kelompok heterogen. Pembelajaran tipe Student Teams Achievement Division (STAD) terdiri atas indikator utama yaitu menyampaikan tujuan dan memotivasi peserta didik, presentasi kelas, kerja kelompok, membimbing kelompok belajar, kuis, skor kemajuan individual, dan rekognisi (penghargaan) kelompok. Tujuan penelitian ini yaitu; 1) Untuk mengetahui konsep pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) dalam meningkatkan pemahaman dan sikap keagamaan siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas X di MA Syiar Islam Maibit Tuban, dan, 2) Untuk mengetahui penerapan pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) dalam meningkatkan pemahaman dan sikap keagamaan siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas X di MA Syiar Islam Maibit Tuban. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskripstif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model interaktif Miles Huberman yang terdiri dari Reduksi Data, Penyajian Data dan Penarikan Kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Dalam penelitian ini yang menjadi data utama adalah wawancara dengan waka kesiswaan, guru aqidah akhlak dan peserta didik kelas X IPAS MA Syiar Islam Maibit Tuban. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa 1) perencanaan pembelajaran dengan membuat rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) dan mempersiapkan penunjang pembelajaran seperti materi, pembagian kelompok, membuat kuis atau soal. 2) Penerapan model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) yang dilakukan guru yaitu menggunakan enam sintaks yaitu; Menyampaikan tujuan dan memotivasi siswa, Menyajikan/menyampaikan informasi, Mengorganisasikan siswa dalam kelompok-kelompok belajar, Membimbing kelompok bekerja dan belajar, Evaluasi, dan Memberikan penghargaan.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD), Pemahaman, sikap keagamaan.
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah dan aktivitasnya; pendidikan khusus
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: DIAH NUR HARIYATI
Date Deposited: 24 Aug 2024 07:22
Last Modified: 24 Aug 2024 07:22
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
MINARTI, SRI
NIDN2110027101
Thesis advisor
FAIZAH, ZUMROTUL
NIDN2112119203
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/6549

Actions (login required)

View Item
View Item