PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MAJALAH BERDIFERENSIASI ADAB SHOLAT DAN BERDZIKIR MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK KELAS VII MTS

NISA, CHOIMATUN (2024) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MAJALAH BERDIFERENSIASI ADAB SHOLAT DAN BERDZIKIR MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK KELAS VII MTS. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of Cover.pdf] Text
Cover.pdf

Download (591kB)
[thumbnail of Awalan.pdf] Text
Awalan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (961kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (902kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (697kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (854kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Majalah adalah salah satu bahan ajar yang menarik untuk peserta didik. Alasan peneliti memilih bahan ajar majalah karena, secara umum majalah memudahkan pembaca dalam memahami maksud dari penulis, dan menyampaikan informasi yang tidak membosankan. Serta tampilan majalah cetak yang menarik dengan banyaknya gambar. Pembelajaran berdiferensiasi merupakan usaha menyesuaikan proses pembelajaran dengan memberikan beragam cara melalui diferensiasi konten, proses, produk serta lingkungan belajar dan asesmmen awal untuk memenuhi kebutuhan belajar individu setiap siswa. Tujuan dari penelitian ini untuk mengembangkan dan mengetahui efektivitas bahan ajar majalah berdiferensiasi adab sholat dan berdzikir mata pelajaran akidah akhlak kelas VII MTs.Penelitian ini menggunakan metode pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4D (four-D). Model pengembangan 4D terdiri dari 4 tahapan, yaitu; define, design, develop, dan disseminate. Instrumen yang digunakan pada penelitian adalah lembar validasi ahli media, ahli materi, dan respon peserta didik terhadap bahan ajar yang di kembangkan. Berdasarkan hasil validasi para ahli didapat bahwa bahan ajar majalah berdiferensiasi dinyatakan sangat valid dengan skor rata-rata oleh ahli media 4,5 dan ahli materi 4,8. sedangkan hasil angket respon peserta didik terhadap bahan ajar majalah berdiferensiasi dinyatakan sangat layak dengan skor rata-rata 4,52. Untuk hasil uji efektifitas dari nilai pretest 50% “sangat kurang efektif” dan posttest 88% “sangat efektif” sehingga dapat disimpulkan perbedaan yang signifikan antara hasil belajar peserta didik sebelum dan sesudah menggunakan bahan ajar majalah berdiferensiasi. Hal ini terbukti bahwa bahan ajar majalah berdiferensiasi dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik, sehingga bahan ajar majalah berdiferensiasi efektif untuk digunakan dalam proses belajar mengajar.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Bahan Ajar, Berdiferensiasi, Majalah, Pengembangan
Subjects: 200 – Agama > 200 Agama > 200 Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: CHOIMATUN NISA
Date Deposited: 23 Aug 2024 07:48
Last Modified: 23 Aug 2024 07:48
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
AZIZ, SU'UDIN
NIDN2121128602
Thesis advisor
KHOIRIYAH, SITI
NIDN0721099501
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/6534

Actions (login required)

View Item
View Item