STEVIANI, WAHYU (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE BERBANTU LKPD TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS VII MATA PELAJARAN FIQIH DI MTs PLUS AL-HADI PADANGAN. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.
COVER.pdf
Download (613kB)
AWALAN.pdf
Download (4MB)
BAB I.pdf
Download (3MB)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (6MB) | Request a copy
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB) | Request a copy
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (3MB) | Request a copy
BAB V.pdf
Download (560kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Download (1MB)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only
Download (7MB) | Request a copy
Abstract
Dalam pelaksanaan pembelajaran di sekolah tentunya tidak akan terlepas dari berbagai permasalahan, termasuk pembelajaran mata pelajaran fikih, pengertian fikih ialah mengetahui, memahami, dan mendalami ajaran agama secara keseluruhan. dalam pembelajaran fiqh tentunya di perlukan kemampun siswa dalam berpikir kritis untuk mamahami materi yang di sampaikan oleh guru. Penelitian ini dilakukan di MTs Plus Al-Hadi Padangan Bojonegoro, yang dimana masih menerapkam model pembelajaran yang terbilang monoton, maka dari itu dalam penelitian ini peneliti ingin mengimplementasikan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share berbantu LKPD dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dalam mata pelajaran fikih.penelitian ini meggunakan pendekatan kuanitatif, dengan desain Pre- Eksperimental tipe One Group Pretest-Posttest Desaign. Populasi penelitian ini yaitu kelas VII D yang berjumlah 26 siswa sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data yaitu dengan metode wawancara dan tes. Teknik analisis data meliputi uji validasi untuk untuk mengetahui baik tidaknya instrumen yang akan digunakan dalam penelitian, uji reliabilitas untuk mengetahui instrumen penelitian yang digunakan reliabel, uji normalitas untuk mengetahui setiap variabel-variabel berdistribusi normal atau tidak, dan uji hipotesis untuk mengetahui ada pengaruh yang signifikan pada sampel.Berdasarkan penelitian yang di lakukan, hasil pretest siswa di peroleh nilai rata-rata 62,31 dan hasil nilai posttest dengan jumlah rata-rata 79,23. Analisis yang digunakan untuk pengaruh 2 variabel yaitu menggunakan uji t. Analisis uji t menunjukan bahwa hasil hasil perhitungan menunjukan nilai asymp. Sign (2- tailed) yaitu 0,001 < 0,05 yang menyatakan maka Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil tersebut dinyatakan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara kemampuan berpikir kritis siswa sesudah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share berbantu LKPD pada kelas VII di MTs Plus Al- Hadi Padangan Bojonegoro.Kata Kunci : Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Berbantu LKPD, Kemampuan Berpikir Kritis Siswa.
Item Type: | Thesis (Sarjana (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Berbantu LKPD, Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Berbantu LKPD, Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Berbantu LKPD, Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. |
Subjects: | 200 – Agama > 200 Agama > 207 Misi dan pendidikan agama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | WAHYU STEVIANI |
Date Deposited: | 23 Aug 2024 02:08 |
Last Modified: | 23 Aug 2024 02:08 |
Contributors (Pembimbing / Pengarah): | Contribution Name NIDN Thesis advisor MANSHUR, AHMAD NIDN2122037701 Thesis advisor HABIBULLAH, M.ROMADLON NIDN2109058801 |
URI: | https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/6532 |