PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE BERBANTU LKPD TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS VII MATA PELAJARAN FIQIH DI MTs PLUS AL-HADI PADANGAN

STEVIANI, WAHYU (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE BERBANTU LKPD TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS VII MATA PELAJARAN FIQIH DI MTs PLUS AL-HADI PADANGAN. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (613kB)
[thumbnail of AWALAN.pdf] Text
AWALAN.pdf

Download (4MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (560kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Dalam pelaksanaan pembelajaran di sekolah tentunya tidak akan terlepas dari berbagai permasalahan, termasuk pembelajaran mata pelajaran fikih, pengertian fikih ialah mengetahui, memahami, dan mendalami ajaran agama secara keseluruhan. dalam pembelajaran fiqh tentunya di perlukan kemampun siswa dalam berpikir kritis untuk mamahami materi yang di sampaikan oleh guru. Penelitian ini dilakukan di MTs Plus Al-Hadi Padangan Bojonegoro, yang dimana masih menerapkam model pembelajaran yang terbilang monoton, maka dari itu dalam penelitian ini peneliti ingin mengimplementasikan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share berbantu LKPD dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dalam mata pelajaran fikih.penelitian ini meggunakan pendekatan kuanitatif, dengan desain Pre- Eksperimental tipe One Group Pretest-Posttest Desaign. Populasi penelitian ini yaitu kelas VII D yang berjumlah 26 siswa sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data yaitu dengan metode wawancara dan tes. Teknik analisis data meliputi uji validasi untuk untuk mengetahui baik tidaknya instrumen yang akan digunakan dalam penelitian, uji reliabilitas untuk mengetahui instrumen penelitian yang digunakan reliabel, uji normalitas untuk mengetahui setiap variabel-variabel berdistribusi normal atau tidak, dan uji hipotesis untuk mengetahui ada pengaruh yang signifikan pada sampel.Berdasarkan penelitian yang di lakukan, hasil pretest siswa di peroleh nilai rata-rata 62,31 dan hasil nilai posttest dengan jumlah rata-rata 79,23. Analisis yang digunakan untuk pengaruh 2 variabel yaitu menggunakan uji t. Analisis uji t menunjukan bahwa hasil hasil perhitungan menunjukan nilai asymp. Sign (2- tailed) yaitu 0,001 < 0,05 yang menyatakan maka Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil tersebut dinyatakan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara kemampuan berpikir kritis siswa sesudah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share berbantu LKPD pada kelas VII di MTs Plus Al- Hadi Padangan Bojonegoro.Kata Kunci : Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Berbantu LKPD, Kemampuan Berpikir Kritis Siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Berbantu LKPD, Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Berbantu LKPD, Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Berbantu LKPD, Kemampuan Berpikir Kritis Siswa.
Subjects: 200 – Agama > 200 Agama > 207 Misi dan pendidikan agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: WAHYU STEVIANI
Date Deposited: 23 Aug 2024 02:08
Last Modified: 23 Aug 2024 02:08
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
MANSHUR, AHMAD
NIDN2122037701
Thesis advisor
HABIBULLAH, M.ROMADLON
NIDN2109058801
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/6532

Actions (login required)

View Item
View Item