STRATEGI GURU DALAM MENGEMBANGKAN KECERDASAN EMOSIONAL MELALUI PROGRAM SKUA (STANDAR KECAKAPAN UBUDIYAH DAN AKHLAKUL KARIMAH) PESERTA DIDIK DI MA DARUL ULUM BAKUNG KANOR

MUARIFAH, NAILA AMILATUM (2024) STRATEGI GURU DALAM MENGEMBANGKAN KECERDASAN EMOSIONAL MELALUI PROGRAM SKUA (STANDAR KECAKAPAN UBUDIYAH DAN AKHLAKUL KARIMAH) PESERTA DIDIK DI MA DARUL ULUM BAKUNG KANOR. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of COVER.pdf] Text
COVER.pdf

Download (812kB)
[thumbnail of AWALAN.pdf] Text
AWALAN.pdf

Download (5MB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11MB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (973kB)
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Pendidikan agama Islam bertujuan membentuk peserta didik menjadi insan kamil dengan memaksimalkan kecerdasan intelektual, emosional, dan spiritual melalui nilai-nilai akidah, fikih, dan akhlak. Proses pendidikan yang hanya menekankan aspek intelektual sering mengakibatkan kecerdasan emosional terabaikan, memicu masalah moral dan perilaku. Madrasah Aliyah Darul Ulum Bakung menerapkan program SKUA (Standar Kecakapan Ubudiyah dan Akhlakul Karimah) untuk mengatasi hal ini. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis fenomenologi. Sumber data dalam penelitian ini terdiri dari data primer (kepala madrasah, guru, siswa) dan sekunder (dokumen institusi). Sedangkan metode pengumpulan data di peroleh melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Analisis data mengikuti konsep Miles dan Huberman, meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data diuji melalui triangulasi sumber, teknik, dan waktu.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi guru dalam mengembangkan kecerdasan emosional peserta didik melalui program SKUA di MA Darul Ulum Bakung meliputi aspek mengenali emosi diri, mengelola emosi, motivasi diri, empati dan keterampilan sosial yakni melalui kegiatan yang mencakup empat bidang seperti bidang Al-Qur’an, akidah dan akhlak, fikih, serta dzikir dan doa. Dalam proses implementasi program SKUA terdapat tiga tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Strategi Guru, SKUA (Standar Kecakapan Ubudiyah dan Akhlakul Karimah), Kecerdasan Emosional
Subjects: 200 – Agama > 200 Agama > 200 Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Naila Amilatum Muarifah
Date Deposited: 22 Aug 2024 01:56
Last Modified: 22 Aug 2024 01:56
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
MANSHUR, AHMAD
NIDN2122037701
Thesis advisor
ANISAH, GIATI
NIDN2104079104
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/6523

Actions (login required)

View Item
View Item