PENGEMBANGAN BAHAN AJAR AKIDAH AKHLAK BERBASIS E-POCKET BOOK MATERI ASMAUL HUSNA KELAS VII MTs MUSTHOFAWIYAH NGURUAN-SOKO-TUBAN

RISMA, EVA INDRIANA (2024) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR AKIDAH AKHLAK BERBASIS E-POCKET BOOK MATERI ASMAUL HUSNA KELAS VII MTs MUSTHOFAWIYAH NGURUAN-SOKO-TUBAN. Sarjana (S1) thesis, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri.

[thumbnail of cover.pdf] Text
cover.pdf

Download (531kB)
[thumbnail of Awalan.pdf] Text
Awalan.pdf

Download (992kB)
[thumbnail of BAB I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (612kB)
[thumbnail of BAB II.pdf] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (612kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III.pdf] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (735kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV.pdf] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (574kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka.pdf] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (522kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan zaman saat ini semakin banyak masyarakat yang mulai menyadari bahwa pendidikan sangat penting bagi kemajuan dan keberhasilan seseorang, banyak tantangan yang belum terpenuhi dalam Pendidikan salah satunya adalah penggunaan bahan ajar berbasis teknologi, selain itu juga beberapa lembaga sekolah yang belum memanfaatkan peran teknologi terutama dalam proses pembelajaran akidah akhlak seperti halnya di MTs Musthofawiyah Nguruan, penggunaan bahan ajar yang sering digunakan selama ini hanya terbatas pada bahan ajar yang telah disediakan, sehingga menjadikan peserta didik lebih cepat bosan dan kurang aktif dalam belajar. Oleh karena itu dilakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengembangan dan kelayakan bahan ajar akidah akhlak berbasis e-pocket book materi asmaul husna.penelitian ini menggunakan metode pengembangan atau Research and Development (R&D). dengan model pengembangan 4D (four-D). Model pengembangan 4D terdiri dari 4 tahapan, yaitu; define(pendefinisian), design(perancangan), develop(pengembangan), dan disseminate(penyebaran). Penelitian ini menggunakan teknik analisis data wawancara dan kuantitatif dari hasil angket validasi ahli media dan ahli materi serta angket respon pendidik dan peserta didik pada uji coba skala kecil dan uji coba skala besar.Instrumen yang digunakan pada penelitian adalah lembar validasi ahli media, lembar validasi ahli materi, dan lembar respon peserta didik dan pendidik terhadap bahan ajar yang di kembangkan. Penelitian ini dilaksanakan di sekolah dengan siswa kelas VII. Berdasarkan hasil validasi ahli media didapat bahwa bahan ajar e-pocket book dinyatakan valid dengan skor rata-rata oleh ahli media 91% dan ahli materi 93%.berdasarkan hasil angket respon pendidik terhadap bahan ajar berbasis e-pocket book dinyatakan sangat baik dengan skor rata-rata 90%. Serta respon peserta didik pada uji coba skala kecil sebesar 87% dan pada uji coba skala besar 84%, hal ini menunjukkan bahwa bahan ajar yang dikembangkan oleh peneliti digunakan layak untuk di gunakan.

Item Type: Thesis (Sarjana (S1))
Uncontrolled Keywords: Bahan Ajar, E-pocket Book, Akidah Akhlak
Subjects: 200 – Agama > 200 Agama > 200 Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Eva Indriana Risma
Date Deposited: 22 Aug 2024 01:54
Last Modified: 22 Aug 2024 01:54
Contributors (Pembimbing / Pengarah):
Contribution
Name
NIDN
Thesis advisor
Fauziah, Zumrotul
NIDN2112119203
Thesis advisor
Wulandari, Pramesti
NIDN0731129501
URI: https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/6520

Actions (login required)

View Item
View Item